Penyebab Cara Mengatasi Oli Bercampur Air Radiator

By administrator 22 Sep 2020
 

Oli mesin yang bercampur dengan air memang sangat ditakuti oleh pengguna kendaraan bermotor terutama mobil, sebab kondisi seperti ini akan membuat mesin tidak bisa bekerja dengan baik bahkan mengalami kerusakan. Biasanya air masuk saat mobil melewati genangan air yang terlalu tinggi atau setelah mobil terendam banjir. Tetapi ternyata tak hanya itu saja penyebab oli mesin bercampur dengan air, mesin yang terlalu panas atau overheat juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Suhu yang terlalu tinggi ini bisa menyebabkan kerusakan pada cylinder head dan membuat saluran air radiator bocor lalu bercampur dengan oli mesin mobilmu. Air radiator mengandung bahan kimia yang bisa membuat oli mesin tidak berfungsi dengan baik karena ada perubahan struktur oli. Saat oli tidak mampu melumasi mesin, maka komponen mesin tidak bisa terlindungi dengan baik dan mesin juga akan lebih mudah panas sehingga rentan mengalami kerusakan.

Cara mengatasi oli bercampur air radiator ini ada bermacam – macam tergantung dari kerusakannya, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

  • Cylinder Head Bengkok

Salah satu penyebab bercampurnya air radiator dengan oli adalah kondisi cylinder head yang bengkok, untuk mengatasinya kamu bisa membuka bagian cylinder head pada mesin dan ratakan permukaan cylinder head agar kebocoran dapat dihentikan. Tetapi kalau masih terjadi kebocoran air radiator, sebaiknya kamu mengganti cylinder head dengan yang baru.

  • Gasket Cylinder Head Rusak

Walaupun jarang terjadi, gasket cylinder head ini juga bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan air radiator bercampur dengan oli. Untuk mengatasinya kamu bisa mengganti gasket cylinder head ini dengan yang baru agar kebocoran air radiator dapat dihentikan.

Jadi sebelum mengambil tindakan, ada baiknya kamu mencari sumber penyebab kenapa air radiator bisa bercampur dengan oli mesin.