Kunci Kontak Seret Saat Musim Hujan, Berikut Cara Mengatasinya

By Administrator 16 Jan 2023
 

Para pemilik sepeda motor mungkin beberapa kali menemukan kondisi dimana kunci kontak susah untuk diputar. Kejadian tersebut memang kerap terjadi terutama ketika motor sering terguyur hujan baik motor bebek atau motor sport.

Ketika kunci sudah mulai susah untuk diputar bakan untuk masuk atau keluar pun susah tentu akan sangat menjengkelkan. Jika kita memaksa untuk memutar kunci, tidak menutup kemungkinan kunci akan bengkok atau patah.

Lantas apa sih yang menyebabkan kunci kontak motor bisa seret baik masuk, keluar atau bahkan diputar? Salah satu penyebabnya adalah kotoran yang masuk ke dalamnya. Kotoran ini bisa jadi terbawa air atau lelehan sabun ketika motornya dibersihkan. Kotoran yang terbawa cairan itu lambat laun mengering di lubang kunci, alhasil ketika dimasukkan anak kuncinya terasa keras dan kaku ketika diputar bahkan keluar atau masuk.

Namun kalian tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan agar kunci kontak motor kalian bisa kembali normal. Bahkan kalian tidak perlu membawa motor kesayangan kalian ke bengkel motor.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membubuhi lubang kunci dengan cairan penetran. Lakukan penyemprotan ini beberapa kali hingga kotoran yang mengendap di dalamnya keluar.

Kemudian setelah disemprotkan kalian bisa memasukan, mengeluarkan hingga memutar anak kunci. Lakukan hal ini berulang kali agar cairan penetran bisa melumasi secara menyeluruh. Jangan lupa untuk melakukan penyemprotan berulang kali hingga lancar.

Setelah lancar dan sudah bisa bekerja dengan normal, kalian hanya perlu melakukan penyemprotan berkala setiap satu bulan sekali. Tujuannya adalah untuk membuat lubang kunci tetap bersih dan tidak berkarat.

Agar kunci tidak seret lagi, jangan terlalu sering membiarkan kunci masuk kedalam terutama saat sedang mencuci. Jika kalian membiarkan hal tersebut terjadi, penutup lubang kunci akan terbuka dan air berpotensi masuk dari sela-sela anak kunci.