Ini Aturan dan Etika Penggunaan Lampu Jauh Mobil

By Administrator 23 Jan 2024
 

Lampu jauh atau lampu dim memiliki fungsi untuk menambah penerangan saat pengendara melewati jalanan yang gelap. Karena fungsinya untuk memberikan penerangan ekstra, maka penggunaannya pun tak boleh sembarangan.

Menggunakan lampu jauh pada mobil dengan asal-asalan bukan hanya bisa mengganggu pengendara lain tetapi juga berisiko menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, pengendara mobil harusnya memahami etika dalam menggunakan lampu jauh ini.

Lampu jauh atau lampu dim ini bisa dilihat pada panel indikator mobil dengan gambar lampu berwarna hijau. Perbedaan penggunaan dengan lampu dekat yakni, lampu dekat memiliki sudut yang mengarah ke jalan. Sementara lampu jauh menyorot jauh ke depan sejajar dengan jalan. Biasanya, lampu jauh juga lebih terang dari lampu dekat.

Berikut ini beberapa etika penggunaan lampu jauh:

1. Gunakan Saat Jalan Sepi dan Gelap

Etika utama yang perlu dipahami oleh pengguna mobil adalah lampu jauh baiknya digunakan sebagai penerangan dalam kondisi jalan sepi dan gelap. Dengan demikian lampu jauh akan membantu pengendara menerangi jalan dan terhindar dari bahaya.

Jangan gunakan lampu jarak jauh untuk mendahului kendaraan lain. Pasalnya, cahaya pantulannya pada kaca spion akan membuat pengendara lain menjadi silau dan pandangannya bisa terganggu. Hal ini bisa membahayakan pengendara lain.

2. Jangan Gunakan Saat Berlawanan Arah dengan Pengemudi Lain

Karena lampu jauh ini bisa mengganggu pandangan pengendara lain maka tak disarankan untuk digunakan saat berpapasan dengan kendaraan lain. Sengaja menyalakan lampu jauh saat berpapasan dengan pengendara lain bukan hanya membahayakan tetapi bisa memicu keributan antar pengguna jalan raya.

3. Memberi Kode Pengemudi Lain

Beberapa pengemudi mungkin tak sadar menyalakan lampu jauhnya. Untuk menegur pengemudi tersebut, bisa menggunakan lampu jauh dengan cara memberi kedipan lampu jauh dalam beberapa saat. Biasanya pengendara akan menyadarinya dan langsung mengganti menjadi lampu dekat.

4. Bisa Digunakan di Jalanan Berkabut

Lampu jauh ini juga bisa membantu pengendara saat berkendara di daerah pegunungan yang berkabut. Lampu jauh bisa membantu menyorot jalanan jadi lebih kelihatan.

5. Bisa Digunakan di Tikungan

Saat berkendara di tikungan, Anda juga bisa menggunakan lampu jauh untuk memberi tanda pada kendaraan lain di depan Anda. Tapi, pastikan digunakan saat Anda tak melihat ada kendaraan lain di lawan arah. Artinya kendaraan lain, berada pada posisi yang agak jauh dan dinyalakan sebentar saja. Untuk memberikan tanda bisa juga dengan menambah klakson.

Itu dia beberapa etika penggunaan lampu jauh pada mobil yang baiknya dipahami oleh pengendara. Semoga bermanfaat ya!