Tips Berkendara Motor saat Hujan Deras dan Angin Kencang

By Administrator 30 Jan 2024
 

Musim hujan yang sedang melanda Indonesia membuat kita perlu lebih waspada saat berkendara motor di jalan. Apalagi saat berkendara di bawah hujan beserta angin.

Jika memungkinkan lebih baik untuk menepi dan menunggu hujan serta angin reda. Tetapi, jika kondisi tak memungkinkan dan harus terus melakukan perjalanan, baiknya harus meningkatkan kewaspadaan.

Berikut ini beberapa tips untuk berkendara di saat hujan dan angin:

1. Gunakan Safety Gear

Pastikan menggunakan peralatan keamanan saat berkendara di bawah hujan dan angin. Di antaranya: mantol atau jas hujan atasan dan bawahan jangan gunakan jas hujan model ponco, helm dengan kaca bening, sepatu anti air atau karet, serta sarung tangan.

2. Motor Dalam Keadaan Baik

Pastikan motor selalu dalam keadaan baik apalagi saat digunakan di medan sulit atau cuaca ekstrem. Beberapa yang harus selalu dicek kondisinya adalah rem harus selalu pakem, kembangan ban tidak botak atau gundul, tekanan ban normal, dan lampu atau sistem kelistrikan bekerja dengan baik.

3. Kurangi Kecepatan

Jangan ngebut saat berkendara di bawah hujan dan angin karena dapat mengurangi visibilitas. Berjalan dengan pelan juga bisa mencegah terjadinya aquaplaning.

4. Pertahankan Jarak Aman

Selalu pastikan jarak aman dengan kendaraan lain untuk menghindari kecelakaan. Jalanan yang licin bisa menyebabkan traksi/daya cengkeram pada roda motor berkurang. Apalagi karena jarak pandang yang terbatas karena hujan.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan saat berkendara di bawah hujan dan angin. Yang tak penting harus selalu dilakukan adalah selalu waspada di jalan dan jangan sampai lengah.