Alasan Mobil MPV Jadi Pilihan Banyak Orang

By Administrator 31 Jan 2024
 

Salah satu jenis mobil paling laris dan digemari oleh masyarakat Indonesia adalah model Multi Purpose Vehicle (MPV). Hal ini sesuai dengan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tahun 2022.

Ada beberapa keistimewaan mobil jenis MPV sehingga menjadi idola banyak orang. Mobil MPV dari berbagai jenis merek pabrikan pun selalu laris manis.

Berikut ini beberapa alasan mobil MPV diidolakan banyak orang Indonesia:

1. Daya Tampung Alias Muat Banyak Orang

Indonesia merupakan negara dengan budaya kekeluargaan tinggi. Sehingga, mobil kerap digunakan untuk mengangkut satu keluarga besar. Semakin luas daya tampungnya tentu semakin menarik.

Hal ini sesuai dengan kondisi mobil MPV yang memiliki didesain untuk muat banyak penumpang. Biasanya, mobil MPV yang besar bisa muat hingga 8 orang, sementara yang kecil muat 5 orang.

2. Relatif Lebih Aman Menerjang Banjir

Mobil MPV bisa dikatakan lebih aman saat terjadi banjir karena bagian ground clearance atau kolongnya didesain cukup tinggi. Hal ini juga sesuai dengan kontur jalan di Indonesia yang tidak rata, bergelombang, bahkan berlubang. Sehingga akan lebih mudah digunakan untuk melintas daripada model mobil sedan, misalnya.

3. Tahan Banting

Mobil jenis MPV bisa dibilang lebih tangguh dan tahan banting. Mobil bisa digunakan di berbagai cuaca dan kondisi jalan ekstrim. Selain itu, mobil ini juga memiliki daya tampung banyak jika sewaktu-waktu harus digunakan untuk mudik atau mengungsi.

4. Harga Jualnya Tinggi

Dibanding jenis mobil lain, MPV bisa dibilang memiliki daya jual tinggi karena peminatnya cukup tinggi di Indonesia. Sehingga, pemilik mobil MPV tak perlu terlalu cemas untuk harganya saat ingin menjualnya, dengan catatan mobil rajin dirawat.

5. Multi-Fungsi, Bisa Untuk Bisnis

Banyak orang memanfaatkan mobil MPV untuk berbisnis. Mulai dari rental mobil hingga digunakan untuk berjualan sehari-hari. Tentu ini sangat menarik untuk Indonesia yang masyarakatnya banyak memiliki bisnis UMKM.

Itu dia beberapa sisi menarik dari MPV yang menjadi mobil idola banyak orang.