Perjalanan Hari Pertama di Mandalika, Para Pebalap Latihan Bebas, Penonton Antusias

By Administrator 19 Mar 2022
 

Evalube.com – Gelaran MotoGP Mandalika  resmi dimulai dengan sesi latihan bebas pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Para pebalap MotoGP 2022 sudah siap bertarung di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. 

Pada hari pertama, sejak pagi penonton terlihat menyegerakan langkahnya demi melihat pebalap kesayangannya. Namun, pengunjung harus mengikuti ketetapan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Mandalila Grand Prix Association (MGPA) dan Dorna Sports. 

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, mobil dan motor, tidak diperkenankan parkir di dekat sirkuit. Kendaraan roda dua dan empat itu harus parkir di tempat khusus yang telah ditentukan panitia. 

Kemudian, pengunjung dipersilakan untuk naik ke dalam bus dari halte yang telah disediakan. Halte tersebut berada di Parkir Timur dengan nama Halte Kota. Di satu lokasi ini penonton diwajibkan naik bus sesuai dengan tiket yang dipesannya yang tentunya disesuaikan dengan tujuan bus tersebut, seperti Zona A, B, C, dan lain sebagainya. 

Penonton harus menggunakan Feeder Bus untuk masuk ke sirkuit Mandalika.

Setibanya turun dari bus, penonton pun harus berjalan sekitar 1 kilometer ke zona tribun. Barulah penonton dapat menyaksikan aksi latihan para pebalap dunia itu di sirkuit Mandalika yang mempunyai 17 tikungan. 

Sebelum tiba di tribun, terlihat adanya booth pendukung MotoGP Mandalika. Tidak ketinggalan, ada juga Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) memberikan kesempatan kepada para UKM yang berada di Lombok. Kemenkop-UKM mempersembahkan pameran UKM di satu gedung. Terlihat di dalam tempat ini adanya produk dalam negeri yang membanggakan, misalnya motor elektrik buatan Universitas Budi Luhur dan sebagainya. 

Salah satu motor yang dipajang di pameran UKM.

Ketika sesi latihan bebas pertama atau free practice 1 (FP1) MotoGP akan dimulai, para penonton pun terlihat sangat antusias saat para pebalap internasional tersebut mulai memainkan gas motornya. Raungan suara mesin ke-24 pebalap mulai saling bersahut-sahutan. Sirkuit Mandalika seketika langsung diselimuti oleh gemuruh suara knalpot dari masing-masing motor balap.

Aksi para pebalap MotoGP di hari pertama MotoGP Mandalika.

 

Sesi latihan bebas sangat penting untuk mendapat hasil terbaik pada sesi kualifikasi dan balapan nanti. Latihan ini dimulai sejak pagi tadi sekitar pukul 11.50-11.35  WITA. Pada sesi FP1, Pol Espargaro berhasil jadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 33,499 detik. Kondisi lintasan pada saat itu masih basah, karena sepanjang dini hari diguyur hujan deras dan hingga pagi hari masih gerimis. 

Kemudian akan dilanjutkan pada pukul 15.05.15.50 WITA untuk FP2. Pada sesi ini, suhu udara jauh lebih panas ketimbang pagi hari. Fabio Quartararo berhasil jadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,608 detik. Padahal, saat awal-awal sesi, motor YZR-M1 miliknya sempat mengalami masalah teknis hingga terpaksa kembali ke paddock dalam keadaan mogok.