Jangan Panik, Ini Tips Saat Mobil Mogok di Jalan Tol

By Administrator 01 Agu 2023
 

Mobil tiba-tiba mogok saat dikendarai tentu saja bisa membuat pengendaranya kaget. Apalagi jika mogoknya di jalan tol, mungkin akan banyak pengendara yang panik karena bingung harus berbuat apa.

Nah, untuk Anda yang bernasib sial dan mengalami mobil mogok di jalan tol tak perlu panik. Lebih baik berusaha tenang dan mencoba melakukan penanganan yang tepat agar menemukan solusi.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat mobil mogok di jalan tol:

1. Pinggirkan mobil dan nyalakan lampu hazard

Sebisa mungkin berusaha untuk meminggirkan mobil yang mogok ke bahu jalan. Pasalnya, mobil bisa mengganggu kendaraan lain jika tetap di tengah jalan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard agar memberi tanda pada kendaraan lain ada mobil yang menepi dalam keadaan darurat.

2. Pasang segitiga pengaman

Agar pengendara lain menjaga jarak dengan mobil Anda, jangan lupa juga untuk memasang segitiga pengaman. Segitiga pengaman ini dipasang di jalan sekitar 5-10 meter sebelum mobil Anda.

3. Jangan menunggu di dalam mobil

Ketika mobil mogok, seluruh penumpang mobil harus di luar mobil. Pasalnya, kerusakan mobil belum diketahui sehingga bisa berbahaya jika tetap di dalam mobil. Mobil bisa berisiko mengeluarkan percikan api hingga alami kebakaran saat mogok.

4. Periksa kerusakan

Jika Anda memiliki cukup pemahaman tentang mobil maka Anda bisa mengecek kerusakan yang terjadi. Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mesin mobil mati mendadak adalah aki, pompa bensin, atau overheating. Jika Anda bisa memperbaiki sendiri artinya tak perlu memanggil bantuan.

5. Panggil jasa derek mobil resmi jalan tol

Jika mobil tak kunjung menyala, segera hubungi derek Jasa Marga atau pengurus jalan tol. Derek Jasa Marga ini bisa dihubungi di nomor 14080. Jangan menggunakan derek dari jasa yang tak jelas karena tidak memiliki perlindungan apapun, sehingga cukup berisiko.

Derek resmi Jasa Marga ini gratis sampai pintu tol terdekat. Baru akan dikenakan biaya saat minta diantarkan ke bengkel. Biasanya biaya ditarik per km.

Nah, selain itu pastikan juga mobil selalu dalam keadaan prima agar tak mogok di jalan tol. Salah satu yang perlu dipastikan adalah mengganti oli secara berkala.

Tak mengganti oli secara berkala bisa menyebabkan kinerja mesin terlalu berat sehingga menyebabkan mesin overheating dan mogok. Untuk itu, ganti oli berkala dan gunakan Evalube yang dijamin kualitasnya untuk menjaga mesin mobil Anda.