Tips Menghilangkan Baretan di Mobil

By Administrator 31 Agu 2023
 

Baret di mobil tentu saja bisa sangat mengganggu penampilan mobil. Baret bisa terjadi karena banyak hal, seperti tak sengaja terserempet kendaraan lain atau benda tajam. Kesalahan mengemudi dan parkir biasanya menjadi penyebab munculnya baret di mobil.

Nah, ternyata menghilangkan baret mobil bisa dilakukan sendiri di rumah lho. Caranya pun cukup mudah dan bahan-bahannya bisa dicari sendiri. Pasalnya, baret bisa membuat tampilan mobil menjadi tidak bagus sehingga pemilik biasanya merasa terganggu dengan adanya baret di mobilnya.

Berikut beberapa tips menghilangkan baret di mobil:

1. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi bukan hanya berfungsi untuk sikat gigi, tapi ternyata juga ampuh untuk menghilangkan baret pada mobil. Cara menghilangkan baret pada mobil dengan pasta gigi pun sangat mudah.

Pertama, cuci mobil Anda dengan bersih atau pastikan mobil Anda dalam kondisi bersih. Siapkan kain yang lembut, yang tidak menimbulkan goresan pada mobil saat digunakan.

Kemudian, basahi kain tersebut dengan air bersih. Oleskan sikat gigi pada kain kira-kira sebanyak goresan yang akan dihilangkan.

Setelah itu oleskan kain dengan pasta gigi tersebut ke goresan di mobil. Oleskan secara melingkar hingga dirasa merata. Bilas dengan air bersih dan keringkan jika sudah.

Cara ini efektif jika goresannya tidak terlalu dalam ya.

2. Menggunakan obat nyamuk cair

Meski terdengar tak masuk akal, tetapi ternyata obat nyamuk cair bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan baretan di mobil lho. Caranya pun sangat gampang dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Obat nyamuk cair ini mengandung bahan yang bisa menghilangkan baret di mobil. Caranya, tuangkan obat nyamuk cair ke kain yang lembut dan bersih.

Setelah itu, usap bagian mobil yang baret dengan kain tersebut secara merata. Lalu diamkan kurang lebih selama 20 detik dan bilas dengan air bersih. Jangan lupa keringkan kembali mobil Anda.

3. Menggunakan kompon

Menghilangkan baret mobil dengan kompon bisa dibilang merupakan cara paling efektif. Menghilangkan baret mobil dengan kompon pun bisa dilakukan sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah, pertama bersihkan mobil terutama bagian baret terlebih dahulu. Pastikan juga bagian tersebut dikeringkan setelah dibersihkan.

Kemudian, oleskan kompon pada bagian mobil yang baret. Lakukan polesan ini dengan cepat karena kompon cepat mengering. Selain itu, jangan juga mengoles dengan terlalu keras, cukup ringan saja dengan gerakan satu arah.

Setelah itu, bersihkan bekas kompon tersebut dengan air bersih dan keringkan.

4. Menggunakan minyak rem

Minyak rem ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan baret pada mobil lho. Untuk menghilangkan baret dengan minyak rem memerlukan alat bantu yakni kanebo kering. Pastikan kanebo kering tersebut dalam keadaan bersih ya.

Tuangkan minyak rem ke kanebo kering tersebut sesuai kebutuhan, tak perlu terlalu banyak. Kemudian oleskan ke mobil yang baret secara merata.

Setelah itu, bersihkan mobil dengan air bersih kemudian keringkan. Tapi, perlu diingat bahwa membersihkan baret dengan minyak rem perlu kehati-hatian sebab bisa menyebabkan tampilan cat mobil jadi agak lain.

5. Menggunakan Tipe Wax

Tipe Wax hanya bisa digunakan untuk goresan mobil yang sangat halus. Ada dua jenis tipe wax yakni yang padat dan yang cair. Lebih aman menggunakan yang padat karena yang cair bisa meninggalkan bekas goresan di mobil.

Itu dia beberapa cara mudah menghilangkan baret di mobil yang bisa dilakukan di rumah. Tetapi, jika ingin menghilangkan baret mobil di bengkel pun bisa. Biasanya, jika baretannya sudah terlalu banyak, bengkel akan menyarankan untuk dicat ulang.