Tanda-tanda Rem Mobil Perlu Diservis

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Sistem pengereman mobil yang baik sangat penting untuk berkendara aman dan nyaman. Untuk itu, pemilik mobil harus selalu memastikan tak ada masalah pada sistem pengeremannya agar tak menimbulkan risiko saat berkendara. 

 

Karena sistem pengereman yang dapat bekerja dengan baik sangat dibutuhkan, baiknya pengemudi memahami tanda-tanda ada masalah pada rem. Sehingga, pengemudi pun tahu kapan rem mobil perlu segera diservis. Dengan demikian, risiko kecelakaan disebabkan rem tak bisa bekerja dengan baik bisa diminimalkan. 

 

Berikut ini beberapa tanda-tanda rem mobil perlu diservis yang baiknya dipahami oleh pemilik mobil: 

 

  1. Muncul Suara Mengganggu Saat Pengereman 

 

Munculnya suara saat sistem pengereman bekerja merupakan salah satu tanda rem mobil perlu segera diservis. Bunyi aneh yang muncul tersebut biasanya merupakan tanda bantalan rem mengkilap, atau cengkeraman rem yang makin melemah. Jika terus dibiarkan, rem akan semakin tidak pakem digunakan dan cukup berbahaya di situasi tertentu. 

 

  1. Pedal Rem Empuk 

 

Tanda rem mobil perlu diservis selanjutnya adalah saat rem ditekan terasa pedal rem empuk atau kenyal. Hal ini bisa disebabkan karena minyak rem yang mulai menipis atau adanya udara di saluran rem. Jika terus dibiarkan maka kemampuan rem untuk menghentikan mobil akan semakin berkurang dan bisa membahayakan pengendara. 

 

  1. Saat Rem Ditekan Muncul Getaran Pada Roda Kemudi 

 

Munculnya getaran atau guncangan pada roda kemudi saat pengereman biasanya disebabkan karena masalah pada rotor rem. Segera konsultasikan dengan teknisi agar kerusakan ini bisa segera diatasi karena bisa menyebabkan jarak henti yang lumayan jauh dari titik pengereman. 

 

  1. Lampu Peringatan Rem Di Dasbor 

 

Jika lampu peringatan rem di dasbor menyala, berarti mobil memberi tanda ada masalah pada rem. Bisa ada komponen yang rusak atau minyak rem yang akan habis, atau bantalan rem yang mulai aus. Segera bawa mobil ke bengkel untuk diketahui penyebabnya. 

 

  1. Muncul Bau Terbakar 

 

Anda patut curiga apabila muncul bau terbakar saat sistem pengereman pada mobil sedang bekerja. Munculnya bau terbakar ini bisa disebabkan karena bantalan rem yang terlalu panas akibat gesekan karena tak bisa mencengkeram rotor dengan benar. 

 

Mengingat pentingnya sistem pengereman untuk keamanan pengendara dan pengguna jalan lain, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel jika muncul tanda-tanda di atas. Selain itu, apabila respons pengereman juga dirasa lambat segera cari solusi agar masalah pengereman segera teratasi.