Ini Alasan Untuk Tak Memilih Motor Keyless

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Salah satu inovasi terbaru pada sepeda motor adalah keyless ignition system. Teknologi yang juga disebut dengan smart key system ini diklaim lebih aman bagi motor dan meminimalisir praktik pencurian. 

 

Dengan teknologi ini, motor tak perlu lagi menggunakan kunci konvensional yang rawan hilang atau terselip hingga susah dicari. Teknologi ini menggunakan gelombang radio yang dioperasikan pengguna dengan remote yang akan mengirimkan sinyal radio ke unit immobilizer yang terletak di dalam sepeda motor. 

 

Meski diklaim lebih aman dan praktis, nyatanya masih banyak konsumen tak menaruh minat pada motor keyless. Ada beberapa alasan kenapa konsumen masih memilih motor yang menggunakan kunci konvensional. 

 

Berikut beberapa alasan konsumen enggan membeli motor keyless: 

 

  1. Lebih Mahal 

 

Dengan teknologi yang diusungnya, motor keyless memang lebih mahal dibandingkan dengan motor kunci konvensional. Alasan ini juga yang menyebabkan banyak konsumen lebih memilih menggunakan sepeda motor dengan kunci konvensional. Harga antara sepeda motor keyless dengan sistem kunci sendiri sekitar Rp1 jutaan. 

 

  1. Lebih Sulit Dipelajari 

 

Bagi pengguna sepeda motor dengan usia yang tak lagi muda pastinya menginginkan sistem yang lebih gampang. Keyless motor tentu saja tak biasa bagi sebagian orang dan untuk mempelajarinya sudah merasa ribet dan malas sehingga lebih memilih motor dengan kunci konvensional.

 

  1. Takut Remote Hilang 

 

Meski sudah tak menggunakan kunci, tetapi motor keyless berganti menggunakan remote. Apabila remote hilang, maka pengguna harus mengganti remote baru yang harganya tidak murah. 

 

  1. Takut Sistem Keyless Rusak 

 

Apabila terjadi kerusakan pada sistem keyless maka biaya perbaikannya lebih mahal daripada menggunakan kunci biasa. Hal ini membuat perawatan motor keyless pun jadi lebih mahal sehingga banyak konsumen yang enggan menggunakannya. 

 

  1. Repot Ganti Baterai 

 

Tidak seperti sistem kunci konvensional, menggunakan motor keyless maka harus mengganti baterai secara berkala. Apabila lupa mengganti baterai maka motor tak bisa dinyalakan. Tentu saja sangat repot jika sampai lupa mengganti baterai dan remote mati ketika sedang berpergian. 

 

Itu dia beberapa alasan kenapa banyak konsumen yang masih enggan menggunakan motor keyless dan lebih memilih menggunakan motor dengan kunci konvensional.