Indikasi Cakram Mobil Mulai Rusak, Pahami Gejalanya

By Administrator 06 Sep 2022
 

Seiring dengan berkembangnya zaman, sistem keamanan pada mobil semakin meningkat untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang di dalamnya. Salah satunya adalah sistem pengereman yang awalnya menggunakan drum brake kini berubah jadi menggunakan disc brake.

Sistem kerja dari sebuah disc brake atau rem cakram menggunakan minyak rem yang bertugas untuk memberikan tekanan pada kanvas rem yang berada di kaliper. Nantinya kanvas rem yang mendapatkan tekanan dari minyak rem tersebut menjepit cakram hingga menghasilkan gesekan sehingga mobil bisa berhenti.

Karena cakram terus mendapatkan tekanan dan gesekan dari kanvas, tentunya besi cakram akan terus tergerus. Ketika terus tergerus ada momen dimana cakram harus mendapatkan penggantian.

Ketika sudah mengalami kerusakan cakram akan menunjukkan gejalanya yang bisa menjadi tanda untuk para pemiliknya. Ada beberapa gejala yang bisa kalian temukan ketika cakram mobil sudah mulai mengalami kerusakan.

Hal pertama yang paling bisa dilihat adalah kondisi cakram yang semakin menipis terutama di bagian tengah. Ketika kita melihat kondisi tersebut itulah tanda untuk kita mengganti cakram. 

Pada kondisi tersebut, kita tidak disarankan untuk membubut cakram tersebut. Salah satu alasannya adalah ketika cakram dibubut, tentu ketebalannya akan semakin menipis. Jika kita tetap memaksa untuk membubut cakram yang sudah tipis tersebut tentu akan menimbulkan bahaya yang lebih besar.

Tanda kedua yang bisa kita lihat pada cakram adalah permukaan cakram tidak rata atau memiliki alur gesekan. Kondisi cakram seperti itu sebenarnya masih bisa dibubut jika gelombanya masih belum terlalu dalam. Tapi jika sudah dalam, kita dianjurkan untuk langsung mengganti dengan cakram yang baru.

Salah satu penyebab kondisi cakram bergelombang adalah kotoran yang terus menumpuk karena kita jarang membersihkan perangkat pengereman. Kotoran yang menumpuk tersebut ikut menggesek cakram namun dengan posisi yang tidak rata. Posisi tersebutlah yang membuat cakram jadi tergerus tidak rata.

Selain itu indikasi yang ditunjukkan ketika cakram sudah harus diganti adalah ada suara gesekan yang terdengar jelas saat mobil sedang berjalan. Suara gesekan tersebut bisa disebabkan oleh kondisi kanvas yang kotor sehingga menimbulkan gesekan besar pada bagian cakram.