Tips Merawat Aki pada Mobil Agar Tahan Lama

By Administrator 22 Jan 2024
 

Aki merupakan komponen kelistrikan pada mobil yang memiliki fungsi vital. Aki bertugas menyuplai daya listrik untuk komponen-komponen mobil lainnya.

Apabila terjadi kerusakan pada aki, tentu saja mobil tak bisa beroperasi dengan normal. Perawatan yang baik pada aki akan membuat komponen ini menjadi lebih awet.

Berikut ini beberapa tips merawat aki agar lebih awet dan tahan lama:

1. Panaskan Mobil Secara Berkala

Untuk mobil yang rutin digunakan tentunya akan lebih sering dipanaskan. Tetapi, mobil yang jarang dipakai juga harus dipanaskan secara berkala meski hanya beberapa menit.

Mobil yang jarang dipanaskan akan membuat aki cepat rusak atau soak. Untuk itu, baiknya panaskan mesin mobil secara berkala selama 5-10 menit.

2. Bersihkan Aki

Biasanya akan ada debu dan kotoran pada terminal aki. Untuk itu penting untuk membersihkan aki secara rutin. Untuk membersihkan aki bisa menggunakan sikat kawat atau sikat plastik.

Bersihkan juga sisa air dan jamur pada container. Debu dan kotoran pada aki akan menyebabkan hambatan pada arus listrik yang akan disalurkan ke komponen lainnya.

3. Pastikan ketersediaan listrik dalam aki

Jangan lupa untuk memastikan kondisi isi aku, jika sudah banyak berkurang segera isi ulang aki. Aki yang tinggal sedikit akan membuat mesin sulit dinyalakan.

4. Pilih Aki Sesuai Kebutuhan Mobil

Setiap mobil memiliki kriteria aki yang digunakan. Jangan memaksakan aki yang bukan seharusnya digunakan untuk mobil karena justru aku memicu kerusakan komponen lainnya. Lakukan pengontrolan air aku setidaknya sebulan sekali.

5. Jangan Bebani Aki Secara Berlebihan

Menambah aksesori seperti lampu, sound system, dan lainnya pada mobil akan membebani kinerja aki. Hal ini akan membuat aki lebih cepat habis dan bekerja terlalu keras. Aki pun berisiko lebih cepat aus atau rusak.

Itu dia beberapa tips merawat aki agar tetap awet. Pastikan menggunakan kebutuhan listrik dalam mobil sewajarnya agar aki tetap awet.