Tanda Oli Sepeda Motor Harus Segera Diganti

By administrator 21 Jan 2020
 

Setiap kendaraan bermotor memerlukan oli sebagai pelumas mesin agar semua komponen di dalam mesin dapat bekerja maksimal tanpa saling bergesekan. Seiring pemakaiannya oli akan mengalami penurunan fungsi karena sudah bercampur dengan kotoran, untuk itu kamu perlu mengganti oli dengan yang baru agar tak menimbulkan masalah pada mesin.

Tapi tak sedikit orang yang lupa mengganti oli sampai akhirnya mereka menemukan masalah pada sepeda motornya. Untuk menghindari kejadian serupa menimpa dirimu, sebaiknya kamu memperhatikan tanda – tanda yang menunjukan kalau oli sepeda motormu harus segera diganti seperti:

  • Suara Bising dari Mesin

Oli yang masih dalam kondisi baik akan membuat suara yang dikeluarkan dari dalam mesin terdengar halus dan tidak bising, sebaliknya jika oli sudah dalam kondisi buruk dan harus diganti, suara mesin akan terdengar lebih bising dari biasanya. Suara bising yang timbul ini karena ada gesekan antar komponen di dalam mesin sepeda motormu.

  • Mesin Cepat Panas

Salah satu fungsi oli adalah mengurangi suhu panas pada mesin. Oli yang masih berkualitas baik pasti dapat membantu membuat mesin tidak cepat berubah menjadi panas, tetapi ketika oli sudah memiliki kualitas yang buruk, maka mesin sepeda motormu akan menjadi lebih cepat panas.

  • Penurunan Volume Oli

Volume oli sepeda motor biasanya berjumlah 800 ml, ketika kamu menemukan oli di mesin sepeda motor sudah berkurang dari angka itu, berarti sudah saatnya kamu mengganti oli dengan yang baru.

  • Oli Hitam dan Berpasir

Tanda yang paling jelas untuk kamu segera mengganti oli mesin sepeda motor adalah perubahan warna serta tekstur dari oli. Saat kamu sudah melihat oli berubah warna menjadi hitam dan berpasir, sebaiknya kamu segera mengganti oli dengan yang baru.

Oli yang baik akan membantu merawat komponen di dalam mesin sepeda motormu, untuk itu perhatikan baik – baik kapan kamu harus mengganti oli dengan yang baru.