Risiko pada Mobil yang Terjadi Jika Telat Ganti Oli

By Administrator 19 Mei 2023
 

Mengganti oli mobil disarankan dilakukan secara berkala agar mesin mobil tetap bekerja secara optimal. Untuk itu, tiap pemilik kendaraan wajib tahu kapan saatnya harus mengganti oli sesuai anjuran pabrikan yang bisa dilihat di buku manual.

Biasanya, rekomendasi dari pabrikan untuk mengganti oli yakni berdasarkan jangka waktu atau jarak tempuh, bisa setiap 5 ribu km, 8 ribu km, hingga 10 ribu km.

Jika terlambat mengganti oli, bisa saja mobil mengalami kendala atau beragam risiko lain yang tak boleh disepelekan.

Berikut risiko telat ganti oli pada mobil:

1. Mesin kehilangan tenaga

Kualitas mesin mobil akan menurun jika oli yang seharusnya sudah diganti tak juga diganti. Mobil akan terasa lebih berat kemudian terasa tak bertenaga.

Selain itu, terlambat mengganti oli juga akan membuat mesin mobil mengeluarkan bunyi bising. Hal ini disebabkan antar komponen mesin tak terlumasi dengan baik oleh oli.

2. Lebih boros bahan bakar

Tak mengganti oli tepat waktu justru akan membuat pengeluaran makin membludak. Masalahnya, mesin jadi lebih bekerja keras sehingga BBM jadi lebih cepat habis.

3. Kerak di mesin

Ketika mesin mobil telat mengganti oli maka akan terjadi gesekan antar komponen yang akan menimbulkan kotoran berupa kerak. Jika bercampur dengan oli, kotoran ini akan berubah warna menjadi hitam.

Jika dibiarkan terus menerus, kerak ini akan merusak mesin.

4. Mobil lebih cepat overheat

Ketika mesin bekerja tidak optimal maka ia akan lebih cepat panas. Jika oli tak kunjung juga diganti maka mobil akan overheat.

Jika sudah begini, mobil akan sering berkendala saat digunakan.

5. Turun mesin

Risiko yang paling ditakutkan oleh banyak orang tentu saja turun mesin. Sebabnya, kerak pada mesin yang terus dibiarkan akan membuat performa mesin turun hingga mesin pun tak mampu lagi bekerja.

Jika sudah demikian tentu saja biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak.

Untuk itu, lebih baik untuk secara tertib mengganti oli mobil secara berkala sesuai saran pabrikan. Dengan demikian mesin mobil akan bekerja lebih optimal dan usianya lebih panjang.

Gunakan Evalube yang memiliki beragam varian oli berkualitas sesuai kebutuhan mobil Anda.