Tanda Kampas Rem Mobil Perlu Diganti, Jangan Didiamkan

By Administrator 27 Nov 2023
 

Kampas rem mobil yang habis bisa membahayakan pengendara karena fungsi rem yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Untuk itu, penting diketahui ciri-ciri kampas rem habis yang harus disadari oleh pemilik mobil.

Sistem pengereman yang baik tentu akan membuat keselamatan pengendara lebih terjamin. Jadi, saat muncul ciri-ciri kampas rem habis pada mobil kesayangan Anda, pastikan untuk segera menggantinya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri kampas rem mobil habis:

1. Suara Berdecit

Ciri kampas rem habis yang pertama adalah munculnya suara berdecit ketika pedal rem diinjak. Suara yang muncul seperti gesekan logam atau besi. Hal ini dikarenakan kampas rem yang mulai habis meninggalkan hanya bagian besinya. Kalau sudah muncul bunyi berdecit segeralah bawa mobil ke bengkel untuk mengganti kampas remnya.

2. Pedal Rem Harus Ditekan Dalam

Hal ini biasanya terjadi pada kampas rem tromol di roda belakang. Tandanya adalah pedal rem harus ditekan dalam untuk melakukan sistem pengereman. Tentu saja berkendara jadi kurang nyaman dan rem tidak terlalu bekerja dengan baik sehingga keamanan kurang terjamin.

3. Pedal Rem Bergetar Saat Diinjak

Tanda lain dari kampas rem yang mulai habis adalah getaran yang muncul pada pedal rem saat diinjak. Hal ini dikarenakan kampas rem yang mulai habis bisa menyebabkan permukaan cakram jadi tidak rata. Sehingga, piringan cakram rem tak bisa mencengkeram dengan sempurna dan menyebabkan getaran saat rem diinjak.

Segera bawa ke bengkel untuk diatasi dan diganti kampas remnya. Jika terus dibiarkan, getaran ini akan menjalar ke setir mobil dan membuat kenyamanan berkendara semakin berkurang.

4. Rem Tak Pakem

Pengendara mobil pastinya bisa merasakan apabila rem mobil mulai terasa tak pakem. Jika sudah mulai merasakan kondisi ini, baiknya jangan terus didiamkan karena bisa berbahaya. Rem yang tak pakem disebabkan karena kampas rem yang mulai habis sehingga perlu segera diganti.

Itu dia beberapa ciri kampas rem yang sudah harus diganti. Kunjungi bengkel terpercaya untuk menanganinya ya!