Tips Berkendara Saat Hujan, Cek Komponen Penting Ini

By Administrator 10 Okt 2022
 

Memasuki akhir tahun intensitas curah hujan semakin tinggi, belakangan hujan dimulai sejak siang dan berakhir malam hari. Jarak penglihatan yang terbatas dan jalan yang licin membuat Anda harus lebih berhati hati saat berkendara.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan ketika berkendara adalah fisik yang optimal, fisik menjadi kondisi pendukung agar berkendara bisa nyaman, aman dan selamat diperjalanan.

Selain itu Anda wajib melakukan persiapan dan pengecekan kendaraan, yang mana komponen – komponen ini sangat penting pada mobil Anda. Pertama harus memeriksa tingkat keausan telapak ban dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Telapak ban aus yang telah melewati batas TWI membuat pengendalian mobil menjadi sulit di jalan licin. 

Disamping itu pastikan juga tekanan angin harus sesuai rekomendasi masing masing pabrikan. Masih pada bagian kaki kaki, periksa juga ketebalan kampas rem dan melihat kondisi minyak rem. Tak lupa juga untuk memeriksa saluran rem dari kebocoran. Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah. 

Agar perangkat kelistrikan bisa bekerja maksimal, jangan lupa melakukan pengecekan aki mobil dan alternator. Pastikan juga wiper dalam kondisi baik, karet wiper yang baik adalah karet yang mampu menyapu air secara bersih, tanpa meninggal kan butiran air.

Begitu juga washer pembersih kaca serta gagang dan motor penggerak wiper. Dan yang jangan kalian lupakan adalah volume air pembersih kaca, ketika air pembersih kaca kosong tentunya akan menyulitkan Anda saat kaca kotor.

Pencahayaan sangat lah penting di setiap kendaraan, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang jangan sampai ada yang mati. Pastikan juga AC bisa berfungsi dengan baik, supaya tidak mengganggu penglihatan saat berkendara dan kaca berembun.

Dengan melakukan pengecekan komponen komponen di atas secara rutin di musim hujan tentunya sangat berguna meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Dan yang wajib diingat bahwa visibilitas adalah salah satu kunci keselamatan berkendara di saat hujan.