Cek Mobil Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

By administrator 17 Nov 2020
 

Cek Bagian Ini Setelah Mobil Menempuh Perjalanan Jauh.

Menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil memang perlu persiapan yang matang, sebelum berangkat ada baiknya kamu memeriksa kondisi mobil agar siap menempuh jarak ratusan kilometer. Tapi tak hanya sebelum berangkat, kamu juga wajib memeriksa kondisi mobil setelah menempuh perjalanan jauh atau saat tiba di rumah.

Perjalanan yang jauh serta kontur jalan yang berbeda – beda bisa mempengaruhi kondisi mobilmu, untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan agar kendaraan tetap nyaman digunakan. Berikut ini beberapa bagian kendaraan yang perlu kamu cek setelah digunakan untuk menempuh jarak jauh:

  • Rem

Rem memiliki peranan yang penting pada kendaraan bermotor, karena rem bisa membantu kamu mengurangi kecepatan laju kendaraan saat ingin berhenti. Rem juga sering digunakan terlebih saat kamu menempuh perjalanan yang jauh, untuk itu kamu wajib memeriksa kondisi rem ini setelah sampai di rumah. Pastikan rem masih berfungsi dengan baik, jangan lupa periksa bagian seperti kampas rem dan juga piringannya.

  • Oli

Memeriksa kondisi oli setelah menggunakan mobil dengan jarak tempuh yang jauh ini perlu dilakukan untuk menjaga mesin tetap bisa bekerja dengan baik. Sebab mobil sudah bekerja keras menempuh jarak ratusan kilometer sehingga kualitasnya bisa menurun, terlebih jika kamu menggunakan mobil sampai keluar pulau dan melewati jalan dengan kondisi berbeda – beda. Jadi tak ada salahnya kamu mengganti oli dengan yang baru agar mobil tetap prima dan nyaman digunakan.

  • Sistem Kelistrikan

Kamu juga perlu memeriksa sistem kelistrikan di mobil, karena selama perjalanan aki terus menyuplai listrik. Periksa tegangan aki serta kabel penghubung antara kutub positif dan negatif, jangan lupa juga untuk memeriksa komponen yang berhubungan dengan listrik seperti lampu – lampu.

  • Air Radiator

Periksalah ketersediaan air radiator di mobilmu setelah melakukan perjalanan jauh, air radiator ini penting untuk membuat mesin tetap dingin dan menghindari mesin mengalami overheat. Kalau kamu menemukan air radiator berkurang, sebaiknya segera tambahkan volume air radiatornya atau menggantinya dengan yang baru.

Mengecek kondisi mobil setelah digunakan untuk menempuh perjalanan jauh memang perlu kamu lakukan agar mobil tetap aman dan nyaman digunakan.