Sudah Diganti Berkala Oli Motor Kerap Berkurang, Normal atau Tidak?

By Administrator 24 Okt 2021
 

Hadirnya oli ditugaskan untuk melumasi suku cadang atau komponen yang ada di dalam mesin, dengan tujuan utama agar meminimalisir terjadinya gesekan antar komponen. Namun tugasnya tidak hanya melindungi dari gesekan, ada beberapa tugas penting dari oli mesin yang digunakan pada sepeda motor.

Oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah hal yang memiliki peran krusial dalam berkendara. Cairan hitam dan kental ini memiliki fungsi vital untuk sepeda motor dengan bahan bakar bensin.

Maka dari itu melihat pentingnya peran oli dalam kendaraan bermotor. Pengendara diharuskan untuk rajin mengganti oli. Dengan patokan waktu atau jarak pemakaian. Hal ini ditujukan untuk menjaga performa mesin motor agar tetap bekerja dengan maksimal.

Salah satu yang paling penting dalam perawatan berkala adalah penggantian pelumas mesin. Namun, karena kerap dianggap tidak penting alias malas untuk pergi servis.

Tidak sedikit pengendara yang memilih jalan pintas dengan hanya menuang oli sendiri saja. Tanpa didasari dengan ilmu yang cukup. Hal tersebut dinilai kurang baik, karena terlalu banyak dan terlalu kurang volume oli mesin dapat mempengaruhi performa mesin.

Oli yang berkurang meskipun sudah diganti masih bisa disebut normal. Selama kadar berkurangnya itu tidak terlalu banyak, misal sekitar 50-150 ml setelah pemakaian yang dianjurkan angka tersebut masih dalam taraf wajar.

Contoh biasanya pada skutik yang pakai oli hanya 800 ml, misal berkurang setelah penggantian jadi 700 atau 750 ml selama pemakaian. Berarti hal tersebut masih aman dan wajar. Berkurangnya volume oli setelah diganti akibat dari oli terbakar di ruang bakar dan akhirnya menjadi uap.

Jadi untuk motor dengan ring piston yang masih bagus sekalipun, oli juga bisa masuk ke ruang bakar meski sedikit. Sehingga terjadilah penguapan. Namun yang terpenting adalah selalu ganti oli secara berkala.

Karena kualitas oli yang sudah dipakai terlalu lama pasti akan menurun dan membuat gesekan antar komponen semakin meningkat, yang lalu berefek pada keausan komponen.

Jika volume oli mesin yang digunakan berkurang melebihi angka 150 ml, wajib dicurigai adanya kondisi tidak normal pada mesin. Segera periksa ke bengkel jika penyusutan volume oli pasca diganti terlalu banyak.

Sudah jelas mungkin terkait kadar yang mesti kita ketahui soal berkurangnya oli setelah diganti. Namun agar mesin tetap tangguh tentu harus dilumasi dengan oli motor terbaik.

Kali ini Evalube akan merekomendasikan oli dengan teknologi Veltec Fuel-conomy with Clean Shield Formula yang memberi proteksi maksimal dalam meminimalisir gesekan, mesin dibuat bersih sehingga kinerja mesin menjadi maksimal dan mendukung keuntungan irit bahan bakar.

Formulasi ini sudah lolos uji oleh tim Evalube yang berkolaborasi dengan LAPI-ITB, yang sudah melalui beberapa tahap.

Tahap tes oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah meliputi kebersihan mesin, physical property, chemical property, keiritan bahan bakar, hingga temperatur mesin.

Hasil dari formula ini mampu memberikan tingkat kebersihan mesin yang lebih bagus ketimbang formula Evalube sebelumnya

Walaupun formula dari Evalube ini  tergolong baru, namun soal harga dari produsen oli asli dari Indonesia ini tidak naik. Maka dari itu rekomendasi terbaik oli mesin yang digunakan pada sepeda motor adalah Evalube. Evalube sendiri punya opsi produk untuk motor 4 Tak, 2 Tak, dan Skutik. 

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.