Keausan Ring Piston dan Silinder Bisa Sebabkan Volume Oli Berkurang

By administrator 26 Agu 2020
 

Oli memiliki peran yang sangat penting untuk kendaraan bermotor karena dapat melindungi mesin agar terhindar dari kerusakan, tak heran kalau banyak pemilik mobil yang melakukan pengecekan kualitas oli secara rutin untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Oli mesin memang akan berkurang seiring dengan masa pemakaian karena proses penguapan, tetapi kalau oli mesin berkurang lebih cepat dari yang seharusnya tentu kamu harus segera melakukan pemeriksaan.

Biasanya oli yang cepat berkurang volumenya ini disebabkan karena adanya masalah pada ring piston dan silinder sehingga oli ikut terbakar. Ring piston dan silinder yang sudah aus ini jika dibiarkan terus – menerus akan membuat kerusakan yang lebih parah lagi, kamu bisa mengetahui kondisi ini dari asap putih tebal yang keluar dari knalpot.

Selain asap putih, kamu juga bisa melihat apakah ring piston dan silinder mengalami keausan dengan mencium bau gosong yang keluar saat mesin dinyalakan karena terbakarnya oli mesin. Untuk memastikannya kamu juga bisa melakukan tes kompresi, apabila hasilnya di bawah standar nilai kompresi itu berarti ring piston dan silinder sudah dalam kondisi aus.

Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi, sebaiknya kamu segera mengganti ring piston dan silinder yang sudah aus. Jika sudah seperti ini maka waktu pengerjaannya juga cukup lama karena mesin mobil harus dibongkar, dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.