Sejarah Engine Start Stop Button di Mobil

By Administrator 26 Okt 2022
 

Electric starter menjadi teknologi umum yang saat ini masih digunakan oleh kendaraan roda 4 ataupun roda 2. Sistem starter jenis ini mengubah energi arus listrik sehingga bisa menghidupkan mesin kendaraan. Perkembangan teknologi membuat banyak kendaraan roda empat yang sudah menggunakan start/stop button untuk menggantikan electric starter.

Jika kita kembali ke belakang, engine start stop button ternyata bukanlah teknologi baru. Beberapa abad lalu teknologi ini sudah hadir di mobil Cadillac tahun 1912 untuk menggantikan kick starter atau starter engkol. Namun sayangnya teknologi ini terlalu awal untuk diterapkan pada kendaraan, karena desain kendaraan yang belum tertutup dan kemudahan dalam menyalakan mesin mobil tanpa anak kunci membuat teknologi ini ditinggalkan.

Masuk di medio 1950, banyak dari pabrikan mobil yang menggunakan anak kunci atau dikenal electric starter. Dinilai lebih cocok untuk segala jenis dan tipe mobil teknologi ini dirasa bisa memberikan keamanan. Karena pada mobil tipe cabriolet di tahun 60an menggunakan kick starter dengan anak kunci terbilang aman dan meminimalisir pencurian.

Di tahun 90an pabrikan Mercedes Benz kembali memulai dengan teknologi KeylessGo di S-Class 1998. Dan kini sistem keyless dan start stop button semakin akrab sebagai teknologi baru pada mobil mobil era 2000 an.

Start stop button merupakan teknologi yang memungkinkan pemilik kendaraan untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan tanpa menggunakan kunci. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu mencolokkan kunci atau kontak untuk mengoperasikan mesin mobil.

Dengan teknologi ini, Anda hanya perlu menekan tombol start / stop engine yang ada di dashboard kendaraan saat ingin mulai mengemudi. Mobil yang menggunakan fitur start engine atau keyless ignition system ini biasanya dilengkapi dengan kunci free on board (FOB). 

Kunci berfungsi untuk mengirimkan sinyal frekuensi rendah ke sistem komputer mobil yang kemudian akan di sinkronisasi dengan fitur start/stop engine untuk menghidupkan mesin. Jadi Anda perlu memastikan bahwa kunci FOB tersebut berada di dalam kendaraan jika ingin menghidupkan mesin menggunakan fitur Start Stop Engine tersebut.

Sinyal frekuensi ke sistem komputer kendaraan. Selanjutnya sinyal tersebut akan dikirimkan kembali ke tombol start engine yang ada di dashboard sehingga mesin kendaraan bisa dihidupkan. Untuk mematikan mesin kendaraan caranya juga sama. Anda hanya perlu menekan tombol Start Stop Engine dan mesin mobil secara otomatis akan berhenti.

Perlu diperhatikan, saat ingin menyalakan mesin kendaraan, Anda harus menekan tombol start engine dengan posisi kaki menginjak rem. Dengan cara seperti ini, barulah mesin kendaraan bisa hidup dan mobil dapat Anda gunakan untuk berkendara.

Beberapa keuntungan dari fitur keyless dan start stop button adalah lebih praktis dan mudah digunakan. Lebih aman dari resiko pembobolan, bahkan kini fitur keyless memiliki fungsi lebih seperti membuka jendela dan menyalakan AC.