Salah Pasang Arah Rotasi Ban, Ini Dampak Buruknya

By Administrator 22 Jan 2024
 

Memasang ban kendaraan tak boleh sembarangan. Ban memiliki arah rotasi yang harus dipasang sesuai petunjuk arah yang tercetak di dinding ban.

Tanda panah arah rotasi ban ini harus terpasang menghadap ke depan agar searah dengan laju kendaraan. Untuk itu, penting sekali untuk memperhatikan arah rotasi ini sebelum memasang ban.

Apabila memasang ban tanpa melihat arah rotasi maka bisa menimbulkan beberapa efek tak nyaman hingga berbahaya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berkendara Tak Nyaman

Pola atau kembangan pada ban itu bukan hanya aksesori atau hiasan tetapi memiliki fungsi. Fungsinya adalah sebagai peredam getaran saat ban bergesekan dengan permukaan jalan.

Jika dipasang terbalik, kembangan ini bukannya meredam tetapi justru akan menimbulkan getaran dan suara yang lebih keras. Tentu saja berkendara jadi tambah tidak nyaman.

2. Bisa Sebabkan Aquaplaning

Memasang ban dengan kondisi terbalik akan memperbesar risiko kendaraan mengalami aquaplaning saat digunakan untuk berkendara di jalanan yang basah. Pasalnya, kembangan jadi tak bisa memecah air dengan maksimal karena posisinya terbalik. Justru kembangan yang dipasang terbalik ini akan menampung air.

Aquaplaning sendiri adalah kondisi ketika ban kendaraan kehilangan daya cengkramnya terhadap aspal. Sehingga kendaraan bisa kehilangan keseimbangan dan tergelincir.

3. Ban Cepat Aus

Memasang ban dalam kondisi terbalik juga akan membuat ban jadi cepat aus. Dengan demikian, pengendara jadi akan semakin boros karena ban harus diganti sebelum saatnya.

4. Rem Kurang Pakem

Memasang ban dalam kondisi terbalik ternyata juga membuat rem jadi kurang pakem. Pola alur ban yang terbalik ini tidak bisa memberikan cengkraman yang kuat saat pengendara melakukan pengereman.

Sehingga keselamatan pengendara bisa terancam. Untuk itu sangat penting memasang ban dalam kondisi yang sesuai arahnya.

5. Kurang Lincah

Memasang ban dalam kondisi terbalik juga membuat berkendara jadi tak lincah. Motor jadi akan sulit bermanuver dengan kondisi kembangan yang terbalik ini. Tentu saja berkendara jadi tak nyaman dan aman.

Itu dia beberapa efek dari memasang ban tidak sesuai arahnya. Baiknya benar-benar periksa petunjuk di ban sebelum memasangnya.