Rem Mobil Sering Bunyi, Ini Biang Keroknya

By Administrator 28 Nov 2022
 

Saat mengendarai mobil, suara aneh yang terdengar tidak normal pasti akan mengganggu kenyamanan dan ketenangan saat berkendara. Selain itu, suara aneh yang muncul ketika berkendara bisa saja menandakan ada suatu bagian yang rusak.

Suara atau bunyi aneh yang kerap muncul salah satunya adalah bunyi decit saat melakukan pengereman. Bunyi aneh ini menjadi pertanda adanya kerusakan pada bagian rem. Namun, apakah kondisi tersebut berbahaya? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tipsnya:

1. Berkendara di Saat Hujan
Sering kali bunyi decit di bagian pengereman muncul ketika mobil melewati genangan air. Jadi, salah satu penyebabnya adalah percikan air. Ketika mobil melintas di permukaan jalan yang basah. Percikan air timbul karena gesekan kendaraan dengan jalanan. Percikan air mengenai piringan cakram, sehingga rem mengeluarkan bunyi aneh. Namun, tidak perlu khawatir, bunyi aneh tersebut akan hilang dengan sendirinya.

2. Debu di Bagian Rem Tromol
Tidak semua mobil sudah menggunakan rem cakram di bagian depan dan belakang. Sebagian mobil masih mengandalkan rem tromol pada bagian belakang. Salah satu penyebab bunyi aneh yang muncul bisa jadi diakibatkan karena adanya debu pada bagian rem tromol. Debu bisa menghalangi kapas rem saat pengereman dilakukan. Ketika kampas terhalangi oleh partikel halus tersebut, rem akan mengeluarkan suara berdecit. Solusinya hanya satu, yakni membersihkan bagian tromol tersebut.

 

Baca juga artikel lain terkait oli rem disini:

 

3. Permukaan Rem yang Kotor
Mobil yang sudah menggunakan rem cakram pun tetap dapat menimbulkan suara berdecit. Permukaan rem juga tetap berpeluang kotor saat digunakan berkendara, karena debu dan tanah tetap dapat mengenai bagian rem.

4. Pedal Rem Kurang Terlumasi
Selain kotoran seperti debu, tanah, air, dan lainnya, ada juga hal lain yang dapat menimbulkan bunyi aneh pada bagian pengereman. Bunyi aneh juga dapat berasal dari kabin karena pedal rem yang kurang terlumasi. Gesekan yang keras akan menimbulkan suara. Untuk mengatasinya, mobil perlu dibawa ke bengkel untuk perbaikan.

5. Kampas Rem Sudah Habis
Mobil yang sering digunakan, tentunya akan membuat bagian pengereman, khususnya kampas rem, cepat terkikis dan menjadi tipis. Saat kampas rem habis, maka yang menempel pada piringan cakram adalah bagian besi. Kondisi ini yang menimbulkan suara berdecit. Solusinya sudah pasti harus mengganti kampas rem dengan yang baru.