Jangan Lupa Merawat Rem Motor, Perhatikan Hal Ini

By Administrator 26 Okt 2022
 

Komponen-  komponen pada motor tentunya memiliki masa pakai yang berbeda – beda. Ada yang jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang. Untuk yang jangka waktu panjang tentunya Anda harus rajin melakukan pengecekan saat melakukan perawatan.

Salah satu contohnya adalah rem motor. Saat ini kendaraan bermotor diberikan 2 pilihan sistem pengereman, yaitu menggunakan tipe rem cakram dan rem tromol. Pada rem cakram menggunakan sistem rem hidrolik, yaitu pengoperasian sistem rem dengan memanfaatkan tekanan hidrolik.

Untuk menggerakan hidrolik dibutuhkan minyak rem dengan spesifikasi yang berbeda, ada minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS. Sementara untuk waktu penggantian yaitu 2 tahun atau 24.000 km.

Selain itu master & caliper ada komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada kaliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram. Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.

Dan yang terakhir adalah penggantian kampas rem, Jangan sampai menunggu habis karena dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram.

Sementara itu pada rem tromol perawatan yang dimaksud adalah pembersihan debu di sekitar tromol, bisa menggunakan amplas atau sikat kawat. Lakukan juga pemeriksaan mekanisme kerja handle rem, kabel dan tuas rem. Jika kondisi gerak bebas handle rem terlalu jauh atau di luar spesifikasi saat pengereman, segera lakukan penyetelan dengan memutar mur pada tuas rem di tromol.

Agar rem tromol tetap awet, Anda diwajibkan untuk melakukan perawatan pada bearing roda, jika bearing roda sudah tidak pas maka akan memicu kampas rem tromol menjadi kurang rata. Dan yang terakhir jangan lupa untuk selalu melakukan cek kampas, pemeriksaan pada ukuran ketebalan kampas rem dengan melihat tanda indikator keausan rem “∆” (segitiga) pada tangkai rem di tutup tromol.

Tentunya perawatan ini harus Anda lakukan guna mendapatkan keselamatan dalam berkendara, seperti yang sudah kita ketahui bahwa rem berfungsi untuk memperlambat laju motor.