Periksa Oli Mesin Mobil Sebelum Perjalanan Jauh, Ini Manfaatnya

By Administrator 14 Nov 2022
 

Mengecek oli mesin mobil sebelum perjalanan jauh penting untuk dilakukan. Mesin mobil akan bekerja keras ketika menempuh perjalanan jauh, itu artinya segala kelengkapan mobil harus benar-benar dipersiapkan sebelumnya. Termasuk oli mesin sebelum melakukan perjalanan jauh. 

Cara melakukan pengecekan pada oli mesin cukup simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pastikan jumlah oli mesin mobilmu cukup, level oli harus berada di antara L dan F lebih disarankan berada sedikit di bawah garis F. Jika tingkat cairan oli berada di L atau di bawahnya, maka mobil tak aman untuk dikendarai. 

Terdengar sepele, tapi memastikan oli mesin mobil sudah cukup sebelum melakukan perjalanan jauh memiliki beberapa manfaat. 

Pertama, suhu mesin tetap terjaga. Dengan kualitas oli yang baik, maka suhu mesin akan terjaga. Pasalnya, komponen mesin akan terlumasi secara maksimal. Jika suhu mesin terjaga, maka performa mobil akan tetap bagus dan perjalanan akan aman terkendali. 

Kedua, tarikan gas akan lebih ringan. Mengganti oli mesin secara berkala akan membuat mesin mobil terjaga. Dengan demikian, segala komponen juga akan bekerja lebih baik. Otomatis, tarikan gas akan lebih lancar. 

Ketiga, melindungi komponen mesin lainnya. Kondisi oli mesin mobil yang baik sangat berpengaruh pada komponen dalam mesin seperti poros engkol, batang penghubung, dan camshaft. Jika sebelum perjalanan jauh oli tak diperiksa maka bisa saja merusak komponen-komponen tersebut. 

Pastikan untuk selalu memeriksa oli mesin mobil dan menggantinya secara berkala karena sangat berpengaruh pada performa mobil Anda. Gunakan oli Evalube yang terjamin mampu menjaga mesin mobil Anda dan mampu bersaing dengan merek lain.