Ciri Fuel Pump Mobil Bermasalah, Awas Mogok di Jalan

By Administrator 14 Jun 2023
 

Hati-hati, fuel pump mobil yang rusak bisa menyebabkan mobil mati total di jalan. Pasalnya, komponen ini merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi memompa bahan bakar ke mesin.

Maka bisa dibilang bahwa kinerja fuel pump sangat penting untuk menunjang kinerja mesin. Apabila terjadi masalah pada bagian ini, bukan tidak mungkin mesin juga menjadi kendala sehingga mati total atau mogok di jalan.

Untuk itu penting untuk diketahui ciri-ciri fuel pump mengalami kerusakan sehingga bisa diatasi sedini mungkin sebelum mobil mogok di jalan. Berikut ciri-cirinya:

1. Lampu indikator pada mobil injeksi yang terus berkedip

Salah satu ciri-ciri fuel pump rusak bisa dilihat dari lampu indikator pada mobil injeksi yang terus berkedip. Lampu indikator ini posisinya ada di dashboard sehingga ketika ia menyala akan cepat diketahui. Menyalanya bagian lampu indikator ini merupakan tanda dari rusaknya fuel pump.

2. Mesin mobil susah dinyalakan

Salah satu tanda yang paling umum dari rusaknya fuel pump adalah mesin mobil yang susah dinyalakan. Hal ini disebabkan oleh kondisi fuel line atau bahan bakar yang sudah dibutuhkan untuk mesin menyala tapi tak tersedia karena adanya kerusakan. Pasalnya, jalur fuel line tidak tersedia karena aliran pompa bensin tersumbat.

3. Ada suara mendengung pada tangki basah

Suara mendengung dari tangki basah ini biasanya akan terjadi ketika fuel pump bermasalah. Ketika mobil berada dalam posisi on tapi tidak berjalan, Anda bisa mengecek apakah pada bagian fuel pump ada suara mendengung atau tidak.

4. Sekring fuel pump kotor

Bagian fuel pump perlu dibersihkan secara berkala, jika tidak dilakukan maka akan membuat endapat yang akan merusak bagian tersebut. Jika fuel pump kotor maka komponen di dalamnya akan bekerja berlebihan sehingga bisa menyebabkan sekring pompa bensin terbakar.

5. Bau bahan bakar terasa menyengat

Bau bahan bakar yang menyengat juga bisa menjadi salah satu tanda adanya kerusakan pada fuel pump. Hal ini seringkali terjadi di ruang pembakaran yang menyebabkan bau bahan bakar menyengat dan keluar asap putih dari knalpot.

6. Tenaga mesin berkurang

Mesin mobil akan bekerja kurang maksimal saat saat mesin mobil melemah atau mengalami kendala. Sebabnya kerja fuel pump tak bisa mengimbangi performa saat mesin bekerja memacu kecepatan. Apalagi ketika mobil harus menanjak atau membawa banyak penumpang.

Itu dia beberapa tanda-tanda ada kerusakan pada fuel pump. Jika kalian menemukan ciri-ciri tersebut pada mobil Anda, segera hubungi bengkel terdekat.