Tips Berkendara di Jalanan yang Macet

By Administrator 23 Jan 2024
 

Bagi warga yang hidup di kota-kota besar dengan lalu lintas yang padat harus terbiasa berkendara dalam kondisi macet. Perlu konsentrasi penuh saat terjebak macet, karena bisa fatal akibatnya jika lalai.

Ada beberapa tips berkendara saat macet agar tetap aman. Pengendara tak diperbolehkan bermain ponsel meski terjebak macet karena bisa memperparah kemacetan.

Berikut beberapa tips berkendara saat macet:

1. Jangan Main Ponsel

Bermain ponsel saat berkendara memang dilarang, tak terkecuali saat macet. Tetap konsentrasi saat harus menunggu kemacetan, karena saat bermain ponsel konsentrasi bisa turun dan justru bisa membuat macet semakin panjang.

2. Tetap Jaga Jarak Aman

Jangan buru-buru atau takut disalip kendaraan lain saat terjebak macet. Pastikan roda belakang mobil di depanmu masih tampak. Terlalu mepet pada kendaraan di depanmu bisa membuatmu sulit bermanuver atau menghindar jika mobil depanmu mengalami gangguan.

3. Taat Lalu Lintas

Jangan langgar lalu lintas demi cepat keluar dari kemacetan karena ini justru bisa memperparahnya. Tetap patuhi rambu lalu lintas agar kemacetan cepat terurai.

4. Beri Tanda Saat Akan Pindah Jalur

Jika ingin berpindah jalur, maka perlu memberikan tanda untuk kendaraan di sekitar dengan menyalakan lampu sein. Hal ini juga membantu untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Pindah jalur juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tak menyenggol kendaraan lain.

5. Gunakan Gigi Rendah dan Jangan Berhenti Mendadak

Saat terjebak macet disarankan untuk menggunakan gigi rendah bagi mobil dengan transmisi manual. Dengan gigi rendah, kendaraan akan lebih mudah dikontrol. Sementara untuk mobil matic bisa menggunakan posisi D saat harus berjalan.

Tak boleh juga berhenti mendadak saat terjebak macet karena bisa menyebabkan kecelakaan beruntun. Berhentilah dengan pelan-pelan agar kendaraan di belakangmu tak kaget.

6. Gunakan Rem Tangan

Selain itu, disarankan untuk menggunakan hand brake atau rem tangan saat terjebak macet dalam waktu yang lama. Pasalnya, hand brake cukup optimal membantu menghentikan mobil dengan lebih terjamin. Penggunaan hand brake juga bikin pedal rem tak perlu diinjak terus menerus karena bisa bikin rem cepat aus dan mambuat kaki lelah.

Itu dia beberapa tips berkendara di saat macet. Pengendara juga disarankan tak emosi saat terjebak macet karena bisa memicu keributan dengan kendaraan lain.