Perawatan Aksen Krom Mobil, Enggak Sulit Kok

By Administrator 08 Sep 2022
 

Tampilan dari sebuah mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan pada kebersihan dan identitas kendaraan yang dimiliki. Krom, adalah salah satu pemanis yang digunakan untuk mobil, namun apa jadinya jika ornamen yang awalnya menjadi pemanis tapi karena tidak terawat menjadi petaka tersendiri.

Pada prinsipnya melakukan perawatan aksen krom mobil, nggak sulit kok. Kita bisa mulai dari perawatan hal kecil seperti membersihkannya setelah terkena air hujan, membersihkan debu-debu yang menempel sekalian sambil mengisi waktu luang. .

Aksen krom yang juga dapat menyulap tampilan kendaraan menjadi lebih ekslusif dan modern. Aksen krom biasanya terpasang pada pelek, knalpot, blok mesin, pedal, grill, cover spion,handle pintu,emblem, list kaca, dan lainnya yang dirasa menarik dan menonjol.

Sebelum lebih jauh membahas tentang perawatan aksen krom, kenali beberapa faktor yang menjadi penyebab warna krom menjadi kusam. Mulai dari air hujan yang sudah terkenal dengan kandungan asam yang dimilikinya, lap yang kasar saat membersihkan mobil, debu yang menempel, dan cairan kimia yang secara tidak sengaja menempel pada sebuah mobil.

Secara sederhana ada beberapa perlengkapan rumah tangga yang dapat menjadi pembersih krom mobil. 

Minyak Kayu Putih
Tuangkan minyak kayu putih pada permukaan kain yang  masih bersih. Gosok pada permukaan krom yang kotor dan biarakan hingga menguap. Setelah terlihat mengering, kemudian lap permukaan yang sudah oleskan dengan minyak kayu putih. Catatannya adalah pastikan kain yang digunakan lembut. 

Pasta Gigi
Cara untuk mengembalikan kinclongnya krom sangat mudah yakni dengan menggunakan pasta gigi. Caranya adalah oleskan pasta gigi dan biarkan bereaksi di permukaan krom beberapa saat. Perlu diingat adalah saat menunggu bereaksi jangan sampai pasta gigi mengering, jika hal ini terjadi maka akan menyusahkan. 

Disaat pasta gigi dirasa sudah cukup maka bersihkan dari permukaan krom menggunakan lap bersih. Hasilnya adalah kerak akan terangkat dan membuat krom menjadi kembali kinclong dan menawan hati.

Selain dengan menggunakan beberapa cara dalam membersihkan krom, ada cara yang sangat memudahkan yakni melakukan pembersihan dengan shampo mobil biasa saat sedang mencuci mobil. Hal lain yang perlu ditekankan adalah krom sangat tidak disarankan pembersihannya menggunakan cairan poles bodi. 

Meski dengan pencucian mobil secara rutin dapat menjadi cara mempertahankan kebersihan krom, namun perlu juga memperhatikan bahwa pada saat mencuci mobil jangan sampai ada noda air yang tertinggal. Jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan water spot.  

Yang terakhir, seiring berjalannya waktu produsen perawatan kendaraan bermotor semakin sering berinovasi. Sama halnya dengan produsen pembersih mobil berbahan kimia alias pabrikasi. Hal tersebut boleh saja dilakukan asal kita mengetahui sejauh mana bahan kimia tersebut dalam membantu menghilangkan noda 

Krom pada mobil yang banyak beredar umumnya berbahan dasar dari plastik. Salah satu alasan menggunakan material ini adalah kemudahan dalam membuat bentuk sesuai yang diinginkan. Yang perlu diperhatikan juga adalah material ini sangat perlu dijaga  agar tetap menciptakan efek yang mengkilat. 

Secara umum untuk menjaga mobil tetap kinclong adalah dengan menjaga rutinitas keseharian. Apabila dalam perjalanan terkena hujan, debu, atau bahkan saat main ke pantai sesegera mungkin langsung dilakukan pembersihan sendiri.