Cara Mengatasi Oli Bercampur Air pada Mobil

By administrator 09 Jul 2020
 

Tak jarang banjir melanda daerah yang sedang mengalami curah hujan cukup tinggi, bahkan tidak sedikit pula wilayah yang mengalami banjir cukup parah sampai merendam rumah dan kendaraan mereka seperti mobil. Kalau sudah begini, kamu harus segera memeriksa kondisi mobil dan melihat apakah komponen mesin sudah tercampur dengan air terutama bagian oli mesin.

Tanda oli mesin bercampur dengan air ini dapat dilihat dari warnanya, oli akan menjadi lebih keruh seperti tercampur susu. Kalau warnanya sudah berubah, sebaiknya kamu segera menguras oli dan jangan memaksa untuk menggunakan mobilmu karena hanya akan merusak keseluruhan mesin mobil.

Menguras isi oli mesin biasa disebut dengan flusing, kamu bisa melakukan proses ini dengan mengeluarkan oli yang masih ada di dalam tangki dan memasukkan yang masih oli baru, setelah itu panaskan mesin mobil kurang lebih 10 menit. Biarkan mesin agar lebih dingin, dan keluarkan kembali oli dari dalam tangki dan isi dengan oli yang masih baru. Panaskan kembali mobilmu, dan setelah mesin dingin kamu bisa memeriksa warna oli. Kalau sudah berubah normal, kamu sudah bisa menyelesaikan proses flusing ini.

Tetapi jika oli masih berwarna keruh seperti susu, itu berarti kamu harus mengulangi proses ini sampai beberapa kali. Biasanya jika mobil terendam banjir yang cukup parah, kamu memang harus membersihkannya beberapa kali agar oli benar – benar terbebas dari air. Proses ini sangat penting untuk menjaga kondisi mesin dan membuat kamu lebih nyaman berkendara.