Apa yang Harus Dilakukan Setelah Melewati Genangan Banjir?

By administrator 26 Apr 2021
 

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini memang menjadi lebih sulit untuk diprediksi, kadang cuaca sangat panas tetapi kadang hujan turun dengan curah yang cukup tinggi. Terkadang tingginya curah hujan ini menyebabkan terjadinya banjir di beberapa wilayah. Tak hanya menghambat aktivitas, banjir juga menjadi musuh bagi kendaraan bermotor karena bisa merusak bagian mesin.

Lalu apa yang harus dilakukan pada kendaraan khususnya sepeda motor setelah terendam banjir? Berikut ini
beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kerusakan:

1. Mematikan Mesin

Saat kamu melewati jalanan yang tergenang banjir, usahakan untuk mematikan mesin kendaraan. Jangan sampai kamu memaksakan untuk melewati genangan dengan kondisi sepeda motor masih menyala karena bisa membuat air masuk ke dalam mesin dan membuatnya mogok.

2. Periksa Busi

Setelah berhasil melewati genangan banjir, kamu bisa mencari posisi jalanan yang kering dan tempatkan sepeda motor pada standar tengah. Setelah itu periksa bagian busi sepeda motor, lepas bagian busi dan keringkan dengan lap.

3. Keringkan Filter Udara

Buka box yang terdapat filter udara, pastikan filter masih dalam keadaan kering. Kalau ternyata air sudah masuk ke dalam bagian ini, sebaiknya kamu mengeringkan filter udara atau menggantinya dengan yang baru.

4. Oli Mesin

Kamu juga harus memeriksa oli mesin, apakah oli bercampur dengan air atau tidak, sebab oli yang bercampur air tidak akan bisa bekerja dengan baik. Kalau oli mengalami perubahan warna, sebaiknya kamu segera menguras oli di dalam tangki dang anti dengan oli yang baru.

5. Menyalakan Mesin

Setelah semuanya dalam kondisi kering, kamu bisa mulai untuk menyalakan mesin sepeda motor. Usahakan untuk menyalakan mesin menggunakan kick starter, kalau mesin sudah berhasil menyala, berarti sepeda motor tidak mengalami masalah yang serius.

Melewati genangan banjir memang menjadi tantangan untuk pengendara sepeda motor, tetapi dengan penanganan yang tepat maka kerusakan yang terjadi bisa diminimalisir.