Kenali Gejala Busi Motor Mau Mati

By Automotive Evalube 03 Apr 2024
 

Busi mati saat di jalan tentu saja jadi salah satu ketakutan bagi pengendara sepeda motor. Pasalnya, busi memiliki fungsi penting dalam sistem kerja mesin motor. 

 

Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik yang datang dari koil pengapian menjadi percikan api sehingga pembakaran di mesin dapat berjalan. Artinya, ketika busi rusak atau mati maka mesin tak bisa dinyalakan. 

 

Sebelum busi benar-benar mati saat motor digunakan untuk berkendara, baiknya kita memahami tanda-tanda busi akan mati. Dengan demikian, kita bisa melakukan langkah antisipasi dengan mengganti busi dengan yang baru. 

 

Berikut ini beberapa tanda busi akan mati yang perlu dipahami: 

 

  1. Mesin Sulit Dinyalakan 

 

Saat busi bermasalah, tanda pertama yang bisa dirasakan adalah mesin mulai sulit dihidupkan. Masalah ini akan muncul pada starter listrik di bagian tangan dan kickstarter. 

 

Hal ini terjadi karena busi tak bekerja maksimal sehingga pengapian di ruang bakar mesin tak bisa dilakukan. 

 

  1. Tarikan Gas Terasa Kurang Responsif 

 

Tanda kedua busi motor akan mati adalah tarikan gas terasa kurang responsif. Masalah ini terjadi karena busi memproduksi percikan api yang tak cukup sehingga pembakaran yang terjadi tak sempurna. 

 

  1. Suara Mesin Brebet 

 

Tanda lain ada masalah pada busi adalah suara mesin yang brebet dan tak sempurna. Pemilik motor tentunya memahami suara motornya saat tak prima. 

 

Jika sudah demikian, baiknya curiga dengan kondisi busi yang mungkin saja bermasalah bahkan perlu segera diganti. 

 

  1. Warna Busi Cokelat Kehitaman 

 

Kondisi busi baiknya memang dicek secara berkala. Dengan demikian, kita akan tahu apakah busi dalam keadaan baik atau tidak. 

 

Warna busi yang akan mati biasanya menjadi cokelat kehitaman. Jika sudah demikian, baiknya busi segera diganti sebelum mati saat digunakan. 

 

  1. Motor Tiba-Tiba Mati 

 

Ada masalah pada busi bisa juga menyebabkan motor tiba-tiba macet sebentar kemudian bisa dinyalakan lagi. Meski bisa nyala lagi, baiknya busi segera diganti karena artinya busi sudah mulai aus. 

 

Itu dia beberapa tanda busi mengalami masalah. Segera ganti sebelum macet di jalan ya.