Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

By Administrator 19 Des 2023
 

Bagi beberapa orang, memiliki mobil tak berarti mengoperasikannya setiap hari. Intinya, ada beberapa alasan kenapa orang memiliki mobil tapi jarang memakainya atau hanya memakainya di saat-saat tertentu.

Mobil yang jarang dipakai ini bukan berarti tak perlu perawatan. Perawatannya pun berbeda dengan mobil yang sering dipakai. Apabila tak dirawat dengan benar maka mobil yang jarang dipakai akan mengalami penurunan performa dan kelayakannya.

Berikut ini beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai:

1. Bersihkan Mobil Secara Berkala

Mobil yang jarang dipakai juga harus dibersihkan secara berkala. Bersihkan bagian kabin dan eksterior mobil. Pastikan tak ada hewan atau serangga yang hidup di mobil.

Cara membersihkannya yakni dengan hilangkan debu dengan vacuum atau lap, kemudian cuci dengan sabun dan dibilas, terakhir keringkan dengan lap.

2. Panaskan Mobil

Memanaskan mobil juga sangat penting agar oli tak menggumpal di dalam mesin. Selain itu, memanasi mobil juga krusial untuk menghindari korosi pada mesin mobil.

Sebaiknya, memanasi mobil ini dilakukan setiap hari. Cukup beberapa menit saja tetapi jika tidak sempat bisa dilakukan setidaknya seminggu tiga kali.

3. Ganti Oli Mesin

Meski mobil jarang dipakai, oli mesinnya tetap harus diganti secara berkala. Pastikan menggunakan Evalube yang terjamin kualitasnya untuk menjaga kondisi mesin tetap baik pada mobil.

4. Pastikan Tekanan Angin Pada Ban Normal

Apabila mobil lama didiamkan di garasi, tentunya tekanan anginnya akan berkurang drastis, apalagi bila berada di atas ubin garasi yang dingin. Untuk itu penting untuk mengecek tekanan angin pada ban. Pastikan tekanan anginnya normal karena ban kempes bisa merusak pelek mobil.

5. Bahan Bakar Full

Apabila tangki bensin tidak penuh, bisa menyebabkan karat. Untuk itu, pastikan tangki bensin penuh pada mobil yang jarang dipakai.

Selain itu, pastikan juga untuk menservis mobil secara berkala. Meski jarang dipakai, komponen pada mobil bisa saja rusak. Untuk itu, perlu tetap melakukan servis sesuai jadwal.