Pentingnya Merawat Ban Serep Mobil Agar Siap Digunakan Sewaktu-waktu

By Administrator 24 Nov 2023
 

Ban mobil merupakan salah satu komponen paling penting untuk keselamatan mobil. Pasalnya, ban berhubungan langsung dengan aspal sehingga jika terjadi masalah pada ban maka pengendara pun akan langsung terkena efeknya.

Misalnya ketika ban ternyata mengalami masalah di jalan seperti kempis dan tak ada bengkel terdekat. Maka, mobil tentu saja tak bisa berjalan. Untuk mengatasi hal semacam ini maka mobil baiknya selalu dibekali dengan ban serep sebagai salah satu syarat penting dalam keselamatan berkendara.

Kondisi ban serep ini juga tak boleh diabaikan. Jangan sampai ban serep ternyata juga rusak sehingga tak bisa dipakai di saat genting. Untuk itu, penting sekali untuk merawat ban serep.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat ban serep. Berikut beberapa di antaranya:

1. Memastikan Tekanan Anginnya Normal

Salah satu masalah yang sering terjadi pada ban serep adalah berkurangnya tekanan angin. Saat tekanan angin kurang, maka komponen lain pada ban bisa terpengaruhi.

Pastikan secara berkala memastikan tekanan angin pada ban serep stabil. Jika tekanan berkurang maka segera isi kembali agar karet dan dinding ban kembali kokoh. Tekanan angin pada ban yang tepat yaitu 4,2 kg/cm2. Baiknya, lakukan pengecekan pada ban serep sebulan sekali ya.

2. Jangan Gunakan Ban Serep Terlalu Lama

Ketika terpaksa harus menggunakan ban serep di situasi tertentu, pastikan untuk menggantinya setelah kondisi memungkinkan. Pasalnya, ban serep ini umumnya memiliki kekokohan yang berbeda dengan ban mobil biasa. Bahkan terkadang ban serep yang ada ternyata berbeda jenis hingga merek dengan ban yang sedang dipakai.

3. Jangan Gunakan Pelek Berbeda

Ban serep mobil memiliki pelek sendiri yang berbeda dengan pelek lain. Jangan gunakan pelek berbeda untuk ban serep mobil karena justru akan membahayakan. Usahakan gunakan pelek yang ukurannya memang sesuai dengan ban serep Anda agar ketika dipakai tidak mengganggu handling mobil.

4. Rutin Bersihkan Ban Serep

Terdengar sepele tapi rutin membersihkan ban serep ternyata penting lho. Membersihkan ban serep akan membuat kita lebih waspada jika ternyata ada masalah pada ban tersebut.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat ban serep mobil Anda. Semoga bermanfaat ya!