Ini Efeknya Kalau Isi Oli Motor Melebihi Kapasitas

By Administrator 29 Jun 2023
 

Mengganti oli secara berkala adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Pasalnya, oli sangat penting sebagai pelumas mesin untuk memastikan kinerja mesin tetap optimal.

Tidak rajin mengganti oli mesin bisa menyebabkan mesin cepat rusak hingga turun mesin. Menggunakan kualitas oli yang buruk juga bisa menyebabkan mesin cepat soak.

Lalu, bagaimana jika mengisi oli motor terlalu banyak? Apakah ada efeknya?

Nah ternyata mengisi oli mesin berlebihan juga memberikan efek buruk pada motor. Oli mesin memang harus diisi secara pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh berlebih.

Berikut beberapa efek yang bisa ditimbulkan apabila mengisi oli mesin terlalu banyak:

1. Penurunan kualitas oli

Ternyata mengisi oli mesin motor terlalu banyak justru akan membuat kualitas oli tersebut menurun. Pasalnya oli yang terlalu banyak di mesin akan menyebabkan oli menggenangi poros engkol. Hal ini akan menyebabkan oli tidak bisa bekerja dengan baik.

Ketika oli tak bisa bekerja dengan baik, maka gesekan antara komponen di mesin berlangsung kasar. Kualitas oli pun akan menurun dan berakibat komponen mesin menjadi aus.

2. Menghambat langkah piston

Ini juga merupakan efek lanjutan dari terendamnya poros engkol. Poros engkol ini seharusnya tak terendam oli. Ketika ia terendam oli, gerakannya akan terganggu oleh oli tersebut.

Ketika poros engkol terendam oli, kinerja priston jadi semakin berat. Ada dua kemungkinan buruk yang terjadi jika sudah demikian yakni RPM mesin tidak optimal dan bensin jadi semakin boros

3. Mengganggu kopling basah

Mengisi oli motor terlalu banyak juga berpengaruh buruk pada motor dengan transmisi manual baik motor bebek maupun sport yang dilengkapi dengan kopling basah.

Meski kopling ini akan bekerja maksimal saat terendam oli, namun ketika olinya berlebihan akan berpotensi menyebabkan kopling selip. Apabila kopling benar-benar tergenang air akan menyebabkan gesekan semakin besar sehingga mesin bensin akan kurang dan penggunaan bensin pun semakin boros.

Itulah beberapa efek mengisi oli mesin terlalu banyak. Untuk itu baiknya mengisi bensin di bengkel resmi yang sudah mumpuni.

Soal oli, selalu gunakan oli terbaik Evalube. Evalube menyediakan beragam jenis oli berkualitas sesuai kebutuhan kendaraanmu.