Fungsi Manset Pada Velg Jari-Jari

By Administrator 17 Jan 2023
 

Motor dengan ban tubeless memang cukup mempermudah pengendara motor terutama ketika ban tertancap paku. Dengan menggunakan ban tubeless angin tidak langsung keluar hingga habis namun dengan catatan paku tidak kita cabut dari ban.

Namun ban tubeless pada awalnya hanya bisa digunakan pada velg racing saja. Tapi seiring berkembangnya teknologi, velg jari-jari pun sudah bisa menggunakan ban tubeless. Namun sayangnya tidak semua velg jari-jari bisa menggunakan ban tubeless.

Nah ada sebuah part aftermarket yang wajib ada ketika kalian ingin menggunakan ban tubeless pada velg jari-jari. Part tersebut adalah manset tubeless.

Manset tubeless berupa sebuah karet khusus yang fungsinya untuk menutup jeruji di balik velg jari-jari. Pasalnya jika kalian tidak menggunakan manset ini maka angin akan keluar dari sela jari-jari.

Jika kalian menggunakan velg jari-jari bekas yang bagian pinggirnya sudah berkarat, kalian harus menggunakan serbuk karet. Serbuk karet tersebut bertugas untuk mencegah angin agar tidak keluar dari bagian pinggir velg yang sudah berkarat tersebut.

Manset ini sangat membantu untuk para pemilik motor yang menggunakan velg jari-jari namun mau menggunakan ban tubeless. Tapi tidak semua velg jari-jari bisa menggunakan ban tubeless.

Velg jari-jari yang bisa menggunakan ban tubeless hanya velg dengan material aluminium. Nah untuk velg jari-jari bawaan pabrik yang umumnya menggunakan material besi tidak bisa menggunakan ban tubeless.

Selain itu ukuran lebar velg pun ikut mempengaruhi bisa atau tidaknya ban tubeless digunakan. Jika kalian ingin menggunakan ban tubeless pada velg jari-jari, pastikan lebar velg kalian minimal 2,5 inci. Jika ukuran lebar velg kalian lebih kecil dari itu, maka kalian tidak bisa menggunakan ban tubeless.

Memang ban tubeless selalu menjadi pilihan bagi banyak pemilik motor, maka dari itu ada banyak orang pula yang ingin memasang ban tubeless pada velg jari-jari. Jika kalian sudah berhasil memasang ban tubeless pada velg jari-jari ada beberapa perawatan yang harus kalian lakukan agar ban tetap awet.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah tekanan angin. Usahakan tekanan angin selalu ideal agar bisa tetap awet. Selain itu kalian juga harus memperhatikan beban bawaan motor. Usahakan jangan terlalu sering membawa beban yang sangat berat. Pasalnya jika overweight maka akan berpengaruh pada masa pakai dari ban tersebut.