Overhaul Mesin, Kapan dan Apa Keuntungannya?

By Administrator 14 Feb 2023
 

Bicara perihal tentang overhaul mesin atau turun mesin, ini menjadi sebuah ritual yang harus dilakukan oleh para pemilik mobil. Suka atau tidak, treatment model ini menjadi hal penting untuk menjaga performa mobil agar tetap prima.

Mengenai keuntungannya, setelah mobil kesayangan dioverhaul, maka tenaga yang semula kurang maksimal, kini menjadi lebih mumpuni karena ada pembersihan di beberapa bagian mesin, seperti head cylinder.

Tidak sebatas itu, dalam overhaul tersebut semua bagian dalam mesin mobil pun turut diperhatikan sampai ke bagian yang kecil. Gunanya, untuk memberikan akselerasi yang lebih optimal.

Mengenai jarak tempuh yang dikatakan wajib untuk melakukan overhaul, sekiranya Anda dapat melakukan pada jarak 200.000 kilometer. Nantinya, mekanik sudah tahu apa yang harus dikerjakan ketika mobil melakukan overhaul tersebut.

Jika Anda mengabaikan overhaul ini, maka ada beberapa dampak negatif yang harus Anda terima. Selain panas mesin yang berlebih dan tenaga yang menjadi lemah, boros bahan bakar juga akan menghantui Anda lantaran mesin menjadi lebih berat 

Overhaul mesin mobil ini bisa diartikan sebagai refreshment terhadap bagian jantung mekanis. Setelah semua bagian dalam dicek kembali dan dikembalikan sesuai fungsinya, maka tenaga yang dihasilkan juga akan menjadi lebih baik lagi.

Bahkan ada yang mengatakan setelah mobil dioverhaul tersebut, akselerasi mobil menjadi lebih ringan seperti mobil baru. Selain dari jarak tempuh, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat apakah mobil harus melakukan turun mesin atau tidak.

Disebutkan dari berbagai sumber, salah satu indikasi mobil harus turun mesin adalah jika ada asap putih samar yang keluar dari knalpot. Ini dikarenakan bagian ring piston sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Dalam treatment tersebut, kerak serta lumpur yang ada di dalam bagian mesin, nanti akan dibersihkan dan disegarkan kembali. Tentunya, setelah hal itu dilakukan penggunaan oli baru yang berkualitas juga akan menopang performa mobil tersebut.

Sementara itu, perihal kompresi yang dihasilkan dari ruang mesin juga akan disesuaikan kembali saat mobil turun mesin. Ini dilakukan demi memberikan kinerja yang lebih baik setelah mobil menempuh jarak ratusan ribu kilometer.

Supaya pekerjaan tersebut membuat Anda tenang, lakukan di bengkel kepercayaan Anda. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan overhaul mesin kadang memakan banyak dana.