10 Prinsip Safety Riding yang Harus Selalu Diingat Pemotor

By Administrator 04 Okt 2023
 

Berkendara di jalan raya tentu ada peraturannya dan tak boleh sembarangan. Keamanan harus jadi yang utama bukan hanya milik perorangan tetapi keamanan semua pengguna jalan raya.

Pasalnya, hingga saat ini kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu penyebab kematian paling tinggi di dunia. Untuk itu, prinsip safety riding sangat penting dipahami oleh pengguna jalan termasuk para pemotor.

Safety riding sendiri bisa dipahami sebagai perilaku berkendara dengan aman dan nyaman. Aman dan nyaman ini dalam artian untuk diri sendiri dan pengguna jalan lain. Untuk mencapai safety riding ada beberapa prinsip yang harus dipahami oleh pemotor. Apa saja?

1. Melakukan pengecekan pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Bagian-bagian yang harus dipastikan dalam kondisi baik: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai atau aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

2. Pastikan membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai bukti kendaraan yang dipakai legal.

3. Selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti telah legal mengendarai kendaraan.

4. Gunakan helm standar dan pastikan kaca helm bersih agar pandangan tak terganggu, helm bisa full face atau half face.

5. Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi bila dilengkapi bahan keras di bagian depan tangan.

6. Menggunakan jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan, baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Baiknya jaket mempunyai ventilasi yang bagus agar nyaman saat digunakan.

7. Gunakan jaket atau rompi dengan warna fluorescent jika berkendara di malam hari atau gelap.

8. Jangan asal pakai jas hujan. Pakai jas hujan yang terpisah (atasan dan celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air.

9. Menggunakan sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Sepatu menutupi daerah mata kaki. Jangan menggunakan sandal saat berkendara.

10. Harus mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Selain itu juga menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara.

Itu dia 10 safety riding yang harus diketahui oleh pengendara motor agar berkendara dengan aman dan nyaman. Paling penting adalah kesadaran untuk selalu melakukan standar keamanan di atas.