Tips Agar Mobil Melintas di Tanjakan dengan Aman

By Administrator 17 Nov 2023
 

Gagal menanjak tentu saja jadi pengalaman yang sangat ingin dihindari oleh pengendara mobil. Pasalnya, gagal menanjak hingga mobil bergerak mundur bisa sangat berbahaya dan beresiko menyebabkan kecelakaan beruntun.

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara agar sukses melewati tanjakan. Salah satunya adalah memastikan mobil dalam keadaan prima.

Nah, berikut lengkapnya tips agar mobil aman menanjak:

1. Pastikan Performa Mobil Optimal

Untuk melewati medan-medan cukup menantang seperti tanjakan, yang utama perlu dipastikan adalah kondisi mobil dalam keadaan prima. Mobil yang dalam keadaan tidak prima bisa gagal menanjak karena mesinnya tak bekerja optimal.

Untuk itu, pastikan servis mobil secara rutin agar saat ada masalah langsung bisa diatasi sedini mungkin.

2. Matikan AC Sebelum Menanjak

Mematikan AC saat menanjak sangat membantu untuk memaksimalkan performa mobil saat proses menanjak. Saat AC dimatikan maka tenaga mesin bisa difokuskan untuk sektor penggerak roda. Tenaga dari mesin jadi tidak dibagi untuk AC tetapi utuh untuk kendali laju mobil saat menanjak.

3. Kurangi Muatan

Pada tanjakan yang ekstrim, mengurangi sebanyak mungkin muatan sangat membantu mobil untuk menanjak. Meski cukup merepotkan tetapi tips ini efektif untuk jalan-jalan yang riskan. Terlebih bila sang pengendara sadar atau memang merasa kelebihan muatan.

4. Momentum yang Tepat

Menjaga momentum kendaraan merupakan kunci agar mobil tetap melaju dengan mulus termasuk saat harus menanjak. Pengendara harus tenang, tidak panik, tidak menekan pedal gas terlalu dalam apalagi saat menanjak di jalan licin. Dengan demikian, kendali mobil bisa terus terjaga dan menanjak pun jadi lebih mudah.

5. Gunakan Gigi Rendah

Lakukan penurunan transmisi secara berkala sebelum menanjak. Gunakan gigi rendah untuk menanjak agar tenaga dan torsi mesin lebih kuat. Turunkan gigi secara berkala untuk dapat momentum yang tepat saat menanjak.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan mobil saat akan melewati jalan menanjak. Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk membantu mobil menanjak adalah dengan berjalan zig zag saat menanjak. Jalan sedikit berkelok-kelok akan membantu mobil meningkatkan daya cengkramnya sehingga lebih mudah untuk menanjak, tapi ingat cara harus menyesuaikan kondisi lapangan.