Tak Hanya Oli Mesin, Motor Matik Juga Perlu Oli Gardan

By administrator 08 Sep 2020
 

Membuat sepeda motor lebih nyaman digunakan saat berkendara, tentu memerlukan perawatan yang rutin. Salah satunya dengan mengganti oli mesin secara teratur setiap mencapai kilometer tertentu atau setelah beberapa bulan masa pemakaian. Mengganti oli mesin ini perlu dilakukan untuk semua jenis kendaraan roda dua baik itu sepeda motor bertransmisi manual ataupun otomatis.

Tetapi sedikit berbeda dari motor transmisi manual, untuk kamu yang menggunakan sepeda motor bertransmisi otomatis atau biasa disebut matik ini juga perlu mengganti oli transmisi atau oli gardan. Namun masih banyak pengguna sepeda motor matik yang mengabaikan penggantian oli gardan ini padahal oli gardan berfungsi untuk menjaga kelancaran sistem transmisi di sepeda motor matik.

Jika oli gardan tidak diganti dalam waktu yang cukup lama, tak menutup kemungkinan akan menimbulkan kerusakan pada gear ratio. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan suara bising yang timbul pada CVT saat sepeda motor dinyalakan. Suara bising yang keluar ini disebebkan oleh menurunnya kualitas oli gardan sehingga komponen di dalamnya saling bergesekan.

Kalau kamu sudah menemukan mesin terdengar bising saat sepeda motor digunakan, itu berarti kamu harus segera melakukan pergantian komponen yang tentunya akan memakan biaya lebih besar dibandingkan dengan kamu mengganti oli gardan atau transmisi secara rutin. Jadi untuk menghindarinya, sebaiknya kamu lakukan penggantian oli gardan secara setiap sepeda motor mencapai 8.000 km atau saat kamu melakukan penggantian oli mesin yang kedua kalinya.