Tips Merawat Mesin Turbo Agar Awet

By Administrator 15 Agu 2023
 

Mobil dengan mesin diesel sampai saat ini masih menjadi idola bagi banyak orang. Apalagi saat ini sudah ada mesin diesel turbo yang membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih irit dan mobil jadi makin powerfull sehingga lebih diminati konsumen.

Akan tetapi, perawatan mesin turbo ini berbeda dengan mesin biasa. Komponen pada mesin turbo lebih mudah cepat panas karena saking cepatnya putaran turbin yang mampu mencapai 10.000 rpm.

Untuk itu, perlu melakukan perawatan spesifik pada mobil dengan mesin turbo agar mesin tidak overheat. Seperti salah satunya dengan rajin mengecek oli mesin yang berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Berikut beberapa tips melakukan perawatan pada mobil dengan mesin turbo:

1. Rajin cek oli mesin

Seperti yang disebut di atas, mesin turbo cepat panas sehingga perlu rajin mengecek oli mesin yang fungsinya untuk mendinginkan mesin agar tak overheat. Pastikan juga jangan menggunakan oli sembarangan, gunakan oli yang sesuai spesifikasi mobil turbo.

Pasalnya, menggunakan oli yang tidak sesuai bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Gunakan Evalube yang menyediakan beragam oli berkualitas sesuai kebutuhan Anda agar mesin mobil Anda tetap terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala.

2. Cara berkendara

Merawat mobil turbo juga harus memperhatikan cara berkendara sehari-hari. Yang penting harus diketahui adalah saat menggunakan mobil dengan mesin turbo, pengendara disarankan untuk tidak menginjak pedal saat suhu mesin masih di bawah normal.

Untuk itu, sebelum digunakan, pastika panasi mesin beberapa menit terlebih dahulu sampai suhu meningkat dan mesin terlumasi dengan baik. Setelah itu, baru pengendara boleh menginjak pedal gas.

3. Gunakan bahan bakar berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang tak berkualitas juga bisa menyebabkan mesin turbo cepat rusak atau tak bisa bekerja secara maksimal. Untuk itu, pengendara harus memastikan menggunakan bahan bakar yang sesuai nomor oktan.

Untuk mobil dengan mesin diesel sendiri biasanya disarankan untuk menggunakan bahan bakar biodiesel.

4. Pastikan filter udara bersih

Pemilik mobil dengan mesin turbo juga harus rajin mengecek filter udara. Filter udara pada mesin turbo jadi komponen penting yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk baik dari dalam mesin maupun luar mesin.

Filter udara ini baiknya dibersihkan secara berkala karena biasanya akan banyak kotoran menumpuk seiring waktu penggunaan. Apabila kotoran dibiarkan menumpuk akan membuat mesin tak bekerja optimal hingga berakibat kerusakan.

5. Jangan abaikan lampu indikator

Lampu indikator ini berfungsi untuk memberikan tanda jika ada masalah pada mobil. Maka ketika lampu indikator menyala, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel agar teknisi mengecek ada kerusakan atau masalah apa pada mobil.

Membiarkan lampu indikator yang menyala berarti berisiko membuat kerusakan semakin parah. Hal ini juga bisa membuat kemungkinan biaya perbaikan yang dikeluarkan semakin banyak.

Untuk itu, baiknya segera ke bengkel jika lampu indikator pada mobil menyala.