5 Fakta Penting Ban Serep yang Penting Diketahui

By Administrator 23 Jan 2024
 

Keberadaan ban cadangan pada mobil sering terlupakan, padahal sangat penting. Ban cadangan atau yang disebut juga ban serep sangat dibutuhkan di saat-saat tertentu, terutama di saat ban utama mengalami masalah dalam perjalanan.

Karena keberadaannya yang penting, maka pengendara baiknya mengetahui fakta seputar ban serep ini. Sayangnya, masih banyak yang belum paham seluk beluk ban serep.

Berikut ini beberapa fakta penting ban serep yang penting diketahui:

1. Ukuran Ban Serep

Setiap mobil memiliki ukuran ban serep yang berbeda-beda. Untuk mobil keluaran lama biasanya ukuran ban serep sama dengan ban yang digunakan. Tetapi, kebanyakan ban serep ukurannya lebih kecil dari ban utama. Ukuran ban serep dibuat lebih kecil agar muat di tempat penyimpanan.

Ban serep dibuat lebih kecil juga agar ban serep tidak digunakan untuk harian. Hal ini sesuai dengan fungsi ban serep yang hanya digunakan untuk situasi mendesak.

2. Tekanan Angin Ban Cadangan

Meski fungsinya sebagai cadangan, tetapi kondisi ban serep ini tak boleh diabaikan. Tekanan angin ban harus diperiksa secara berkala agar ketika akan digunakan dalam kondisi baik. Tekanan udara ban cadangan harus mencapai 60 psi.

3. Tak Boleh Digunakan Untuk Mengebut

Ban cadangan selain ukurannya lebih kecil tetapi umumnya tapak bannya juga lebih tipis. Jadi penggunaan ban serep ini tak bisa sama dengan ban utama. Ban serep tak dianjurkan digunakan di kecepatan lebih dari 80 km/jam. Hal ini agar pengendara tetap aman dan nyaman di perjalanan.

4. Lokasi Penyimpanan

Setiap mobil memiliki tempat penyimpanan ban serep yang berbeda-beda. Ada yang di bagian bawah mobil, ada juga yang di bagian belakang tertutup dengan karpet. Setiap pengendara penting untuk mengetahui cara melepas dan memasang ban cadangan agar tak panik di situasi mendesak.

5. Ban Serep Hanya Untuk Sementara

Seperti yang sudah dibahas di atas, ban serep memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga kurang aman digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, segera ganti ban jika sudah menemukan bengkel terdekat.

Itu dia beberapa fakta ban cadangan yang baiknya dipahami oleh pengendara mobil.