Ring Baut Oli Mesin Mobil Lalai Diganti, Berikut Adalah Masalah Yang Muncul

By Administrator 22 Okt 2021
 

Penggantian oli mesin perlu dilakukan secara berkala sebagai perawatan rutin mobil. Dalam penggantian oli mesin mobil. Hal ini juga sejalan dengan salah satu komponen dalam penggantian oli mesin mobil.

Yakni Ring baut oli mesin mobil. Apabila komponen ini tidak rutin diganti, maka beberapa masalah yang tidak bisa dianggap sepele akan muncul. Pasalnya, ring baut oli mesin harus diganti berbarengan dengan penggantian oli mesin. Tepatnya pada saat baut bak oli dibuka.

Fungsi dari ring baut oli mesin adalah merapatkan celah antara baut dengan drat bak oli mesin mobil. Jika ring baut yang tetap dipakai atau jarang ganti, memungkinkan oli mesin bisa rembes keluar dari baut bak oli mesin. Bukan tanpa sebab, karena setelah dipakai ring baut oli itu akan penyok. Maka komponen ini juga bersifat hanya bisa sekali pakai.

Hal ini juga terkait dengan bahan ring yang memang dibuat lunak dan penyok setelah baut dikencangkan. Tujuannya untuk bisa menutup celah dari besarnya tekanan baut saat dipasang. Kalau sudah penyok dan masih dipakai, justru malah membuat celah baru dan membuat oli bisa bocor.

Mesin mobil memang sudah dirancang untuk kedap, kecuali bagian baut di bak oli mesin. Untuk itulah dibutuhkan peran dari ring baut oli mesin supaya jadi kedap.

Namun dalam kondisi darurat masih bisa ditoleransi dengan dipakai dua kali setelah ganti oli mesin. Tapi tidak disarankan untuk digunakan pada mobil dengan mobilitas tinggi, karena potensi rembes bisa semakin besar.

Nah bicara soal oli mobil, Evalube menjadi brand oli yang direkomendasikan untuk kalian semua dan kali ini hadir untuk menjaga kualitas mesin mobil kesayangan Anda. Terdapat 2 jenis oli mobil, ada Helios Ultra Full Synthetic dan Evalube Helios Super Synthetic.

Evalube Helios Ultra Full Synthetic adalah oli dengan full synthetic dan sudah menggunakan teknologi Veltec untuk kendaraan bahan bakar bensin, dengan base oil synthetic yang di-mix dengan aditif. Pelumas ini mampu meningkatkan performa mesin, memaksimalkan kualitas penguapan dan oksidasi minimal, dan cukup ramah lingkungan dengan gas buang minimal.

Sementara untuk Helios Super Synthetic adalah pelumas semi sintetik dengan tingkat kekentalan ganda. Evalube Helios Super ini dibuat dengan menerapkan teknologi veltec, dan oli ini diperuntukan untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, oli ini terbuat dari campuran base oil synthetic ditambah dengan mineral yang juga terdapat adiktif dengan kualitas tinggi. Oli ini memiliki kekentalan ganda yang membuat temperatur mesin lebih optimal dan kebersihan mesin tetap terjaga sehingga performa yang dihasilkan tetap maksimal.

Pengaplikasian kedua oli ini hanya untuk kendaraan roda 4 dengan bahan bakar bensin dan untuk mesin kendaraan generasi 2004 keatas.

Evalube yang sebelumnya fokus pada oli kendaraan bermotor, pada medio 2011 mulai masuk ke pasar oli mobil. Varian Helios tidak hanya untuk kendaraan bensin, telah terdapat oli Evalube untuk kendaraan diesel. Untuk harga oli mesin mobil Evalube terbilang ekonomis. 

Berikut list harga oli mesin mobil Evalube:
Harga Evalube Helios Super Synthetic 10W-40 1 Liter: Rp65,530
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Super Synthetic 10W-40 4 Liter: Rp257.042
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra Full Synthetic 5W-30 1 Liter: Rp114,930
Harga Oli Mesin Mobil Evalube Helios Ultra Full Synthetic 5W-30 4 Liter: Rp469.917

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.

https://www.tokopedia.com/evalube

https://shopee.co.id/evalubeofficialshop