Mengenal Bentuk-bentuk Sekring pada Mobil

By Administrator 25 Jul 2023
 

Salah satu komponen yang penting dalam sistem kelistrikan pada mobil adalah sekring. Pasalnya, sekring berfungsi untuk mencegah risiko kebakaran pada sistem kelistrikan. Sekring bertugas memutus hubungan arus listrik ketika sistem kelistrikan mengalami hubungan arus pendek.

Risiko terburuk saat mobil tak memiliki sekring yang bekerja dengan baik adalah mesin mobil meledak sehingga menyebabkan kebakaran. Jika sudah demikian, tentu berbahaya bukan hanya untuk orang yang di dalam mobil tetapi juga sekitarnya.

Karena fungsinya yang sangat krusial, penting untuk mengetahui seluk beluk tentang sekring. Salah satunya adalah soal bentuk-bentuk sekring pada mobil.

Sekring pada mobil memang memiliki beberapa bentuk dengan fungsi yang berbeda. Berikut beberapa jenis sekring:

1. Cartridge

Cartridge ini merupakan sekring yang memiliki bentuk tabung dengan bagian ujung dilengkapi dengan bahan logam. Sekring ini terbuat dari keramik dan bagian tengahnya berwarna transparan.

Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan.Di bagian ujung ini, terdapat keterangan kode barang dan juga kapasitas jumlah arusnya.

2. Tabung

Jenis sekring tabung sebenarnya hampir sama dengan cartridge. Bedanya, pada sekring berbentuk tabung, bagian tengahnya terbuat dari kaca. Selain itu, sekring ini juga memiliki ujung dari logam. Di logam tersebut, terdapat informasi soal kode dan ukuran muatan arus sekring tersebut.

Sekring ini banyak digunakan pada mobil lama keluaran tahun 1980an.

3. Blade

Sekring blade memiliki bentuk seperti kepala charge handphone dengan warna biasanya warna warni dan tampak menarik. Bodinya sendiri terbuat dari plastik dan ujungnya logam.

Banyak warna pada bodi sekring ini berfungsi sebagai petunjuk kapasitas arus listrik yang dibutuhkan. Sekring ini paling mudah ditemukan karena dimiliki mobil-mobil keluaran terbaru.

Berikut beberapa warna pada sekring blade beserta muatannya:

– Cokelat 7.5 ampere
– Merah 10 ampere
– Biru 15 ampere
– Kuning 20 ampere
– Putih 25 ampere
– Hijau 30 ampere
– Orange 45 ampere

4. Model Batu

Sekring ini bentuknya mirip dengan cartridge yang seperti tabung. Bedanya, sekring model batu tak berdinding kaca dan terbuat dari plastik. Sekring model batu banyak ditemukan pada mobil-mobil mewah produksi Eropa.

5. Fusible Link

Fusible link merupakan sekring dengan bentuk seperti kabel dengan strip logam. Bentuk ini dirancang khusus dengan tujuan meminimalkan risiko korsleting.

6. Yazaki

Yazaki atau BFT (Battery Fuse Terminal) merupakan sekring lanjutan dari fusible link dengan desain lebih sempurna. Sekring ini didesain sedemikian rupa untuk melindungi aki mobil.

Itu dia beberapa bentuk dan jenis sekring yang digunakan mobil-mobil di dunia.