3 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kualitas Oli Mesin

By administrator 24 Mei 2021
 

Keberadaan oli mesin ini sangat penting pada semua jenis kendaraan bermotor, tak terkecuali mobilmu. Oli mesin bisa membuat komponen mesin lebih awet karena terhindar dari gesekan antar komponen saat mesin sedang bekerja.

Tak hanya itu, oli juga bisa membuat mesin menjadi lebih dingin sehingga terhindar dari overheat dan juga mampu membersihkan kotoran yang ada di dalam mesin. Pentingnya peranan oli mesin di mobil ini mengharuskan kamu menjaga kualitasnya, berikut tiga hal yang hars dilakukan untuk menjaga kualitas oli mesin:

  1. Cek Kondisi Oli

Oli berwarna cokelat keemasan, seiring masa pemakaiannya oli akan mengalami perubahan warna. Untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan oli dengan melihat kondisinya secara langsung. Caranya ambil oli mesin dengan menggunakan dipstick, kemudian periksa level oli mesin, pastikan volume oli masih berada di atas tanda lower.

Setelah itu kamu bisa lihat warna serta tekstur oli mesin, alau oli sudah berubah warna, berbau terbakar dan bertekstur seperti pasir, itu berarti sudah saatnya kamu mengganti oli dengan yang baru.

  1. Perhatikan Waktu atau Interval Penggantian Oli

Saat mengganti oli mesin, kamu akan mendapatkan kertas pengingat waktu atau interval penggantian oli berikutnya. Biasanya oli mesin ini perlu diganti setiap 5.000 sampai 10.000 kilometer, tergantung pemakaian mobilmu.

Semakin sering mobil digunakan, maka tak menutup kemungkinan kamu akan lebih cepat melakukan penggantian oli mesin. Jadi agar tidak lupa mengganti oli mesin, sebaiknya kamu perhatikan waktu penggantian oli berikutnya sesuai yang direkomendasikan.

  1. Perhatikan Kekentalan Oli

Walaupun sama – sama membutuhkan oli sebagai pelumas, kenyataannya kebutuhan oli mesin setiap mobil ini berbeda – beda. Ada mobil yang membutuhkan oli mineral, oli semi sintetis, dan oli full sintetis. Untuk itu pastikan kamu sudah memilih oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan mobil agar kinerja mesin bisa semakin optimal.

Menjaga kualitas oli mesin ini sangat penting, maka dari itu kamu bisa meluangkan waktu minimal satu minggu sekali untuk memeriksa kondisi oli. Oli yang baik akan membuat kamu lebih nyaman serta aman saat berkendara menggunakan mobil.