Apa Itu Engine Flush dan Manfaatnya?

By Administrator 28 Jun 2023
 

Bagi pemilik kendaraan mobil mungkin sudah sering mendengar soal engine flush? Tetapi apa sebenarnya engine flush ini?

Engine flush dikenal sebagai salah satu cara untuk merawat mesin mobil. Jadi, engine flush ini merupakan salah satu proses membersihkan bagian dalam mesin kendaraan agar kembali fresh.

Pasalnya, bagian dalam mesin kendaraan bisa saja menjadi kotor karena kerak oli. Jika tidak dibersihkan kerak oli ini lama-lama bisa merusak komponen mesin. Di sinilah fungsi engine flush untuk membersihkan bagian dalam mesin.

Selain itu, engine flush juga mencegah perubahan warna pada oli menjadi gelap atau berbentuk seperti bubur yang bisa disebut oil sludge.

Cairan engine flush ini bisa digunakan untuk membersihkan endapan oli agar mesin kembali optimal. Tetapi penggunaannya juga tak boleh terlalu sering karena justru bisa menyebabkan mesin overheat.

Gunakan engine flush secara berkala misalnya saat terjadi pengurasan oli yang jumlahnya tidak maksimal.

Ada beberapa manfaat dari menggunakan engine flush, berikut beberapa di antaranya:

1. Membersihkan sisa kerak pada mesin

Fungsi utama dari engine flush adalah membersihkan sisa kerak pada mesin setelah oli dikuras. Proses pelumasan akan jadi lebih lancar saat mesin mobil bebas dari kerak oli.

2. Membuat performa kendaraan jadi lebih baik

Jika mesin bebas dari kerak artinya akan memiliki performa yang lebih baik. Hal ini juga menunjukkan mobil lebih bisa digunakan secara optimal.

3. Mesin lebih awet

Mesin yang terawat akan berumur lebih panjang. Apalagi jika dibarengi dengan perawatan komponen lainnya secara berkala. Jangan lupa juga gunakan oli terbaik, Evalube yang akan menjaga mesin mobil Anda lebih optimal.

4. Suara mesin halus

Tanda mesin yang bekerja dengan baik bisa dikenali dari suaranya yang halus. Engine flush menjaga suara mesin tetap baik karena kondisi mesin prima.

5. Membersihkan karbon dan sludge

Karbon dan sludge merupakan salah satu komponen lain yang terdapat pada mobil dan letaknya ada di ring piston. Nah, cairan ini juga dapat menghilangkan kotoran pada karbon dan sludge.

Agar engine flush bisa bekerja maksimal penting untuk memilih produk terbaik. Memilih engine flush asal-asalan bisa menyebabkan mesin ngebul.

Mesin ngebul ini biasanya disebabkan karena kadar asam terlalu tinggi pada engine flush. Produk engine flush yang baik memiliki kadar PH netral atau antara 6-8.