Tips Merawat Mesin Motor Agar Tak Overheat di Musim Panas

By Administrator 17 Okt 2023
 

Cuaca panas yang sedang melanda Indonesia bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga pada kendaraan bermotor. Sepeda motor misalnya, rawan mengalami overheat di musim panas ini.

Apalagi ada sepeda motor yang kerap terjebak di jalur macet. Suhu panas tinggi dan terjebak macet dalam waktu yang lama jadi kombinasi lengkap untuk membuat mesin overheat.

Untuk itu, perlu dilakukan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya overheat pada sepeda motor di musim panas. Berikut tipsnya:

1. Oli harus dalam kondisi baik

Bagi pemilik sepeda motor yang masih mengabaikan kondisi oli harus waspada karena ini memperbesar risiko mesin mengalami overheat. Pastikan mengganti oli secara berkala agar kualitas oli selalu terjaga.

Oli mesin yang berada pada kondisi buruk akan membuat gesekan antar komponen pada mesin meningkat sehingga menghasilkan panas. Ini juga berpengaruh ke proses pendinginan yang akhirnya berjalan lebih lambat.

Untuk itu pastikan kondisi oli mesin dalam kondisi baik dan volumenya sesuai anjuran pabrikan. Gunakan juga oli dengan kualitas baik agar kinerjanya optimal dalam melumasi mesin. Evalube jadi oli pilihan terbaik yang terjamin kualitasnya dan tersedia dalam berbagai varian sesuai kebutuhan sepeda motor Anda.

2. Pastikan sistem pendingin bekerja dengan baik

Pemilik sepeda motor juga baiknya memastikan sistem pendingin pada sepeda motor bekerja dengan baik. Jika ada masalah pada sistem pendingin, risiko terjadinya overheat tentu semakin besar.

Untuk itu, motor harus diservis secara rutin agar apabila terjadi masalah pada sistem pendingin bisa langsung diatasi. Pastikan juga kondisi radiator coolant masih bagus dan diganti secara berkala sesuai anjuran pabrikan.

3. Hindari kebiasaan yang bikin mesin bekerja terlalu keras

Kebiasaan buruk yang bikin mesin terus bekerja keras juga harus dihindari. Misalnya, membiarkan mesin terus menyala padahal motor dalam kondisi diam. Kebiasaan ini bisa menyebabkan mesin terlalu panas atau overheat.

Saat terjebak macet lama, jangan terus menerus menyalakan mesin. Baiknya mesin motor dimatikan dulu dan dinyalakan kembali saat sudah mau berjalan.

Itu dia beberapa tips untuk mencegah mesin motor overheat di musim panas. Pastikan juga melakukan servis secara berkala agar komponen-komponen mesin selalu dalam kondisi terbaiknya.