Knalpot Mobil Bocor, Simak Penyebab dan Dampak Terburuknya

By Administrator 21 Nov 2022
 

Knalpot bocor bisa menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi performa mesin mobil. Knalpot sendiri berfungsi untuk mengeluarkan gas buang. Knalpot sangat berkaitan dengan tenaga mesin mobil, sebab sistem pembuangan yang tidak sempurna akan membuat tenaga mesin menjadi melemah.

Biasanya ada beberapa penyebab knalpot bocor. Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Usia pemakaian

Segala komponen dalam mobil memiliki batas usia pakai, meski sangat bagus sekalipun. Begitu juga dengan knalpot. Semakin lama pemakaian, bisa saja menyebabkan knalpot bocor.

 

2. Korosi

Karena terbuat dari besi, maka knalpot rentan mengalami korosi atau berkarat. Jika sudah berkarat maka bisa saja menyebabkan kebocoran pada knalpot. Knalpot yang jarang dibersihkan akan lebih cepat mengalami korosi. Apalagi jika mobil Anda kerap melewati ataupun dari pantai.

 

3. Knalpot bolong atau retak

Biasanya knalpot bolong atau retak karena kurangnya perawatan yang baik. Bisa juga terjadi gesekan atau benturan yang keras pada bagian knalpot. Misalnya, mobil menabrak benda keras.

 

4. Paking knalpot bocor

Jika bagian ini bocor, bisa sangat berpengaruh pada kebocoran knalpot. Pasalnya, paking knalpot berfungsi menjaga kerapatan antara leher knalpot dan blok silinder untuk mencegah kebocoran.

Knalpot bocor bisa menyebabkan beberapa dampak pada mobil. Efek pertama yang muncul adalah suara knalpot yang jadi lebih keras dan berisik. Tentu saja ini membuat pengendara merasa tak nyaman.

Knalpot bocor juga bisa memicu kerusakan yang fatal. Terutama bisa mendorong kondisi overheat pada mesin. Jika berlangsung terus menerus, mobil bisa rusak.

Lebih luas, knalpot bocor juga berdampak pada kesehatan. Buangan gas berbahaya yang harusnya difilter beberapa kali dalam komponen knalpot, jadi tidak berfungsi dengan baik ketika knalpot bocor. Jika udaranya terhirup oleh manusia bisa mengganggu kesehatan.

Lakukan perawatan berkala untuk mencegah terjadinya knalpot bocor. Ganti oli dengan interval waktu yang ditentukan dengan Evalube agar mesin kendaraan Anda tetap dalam performa terbaiknya.