Kesalahan Umum Terkait Oli Transmisi Mobil

By administrator 17 Okt 2018
 

Masih banyak pemilik mobil yang menganggap remeh oli transmisi mobil. Kebanyakan, kita hanya fokus dalam melakukan perawatan oli mesin. Padahal fungsi oli transmisi juga sama krusialnya.

Terutama untuk mobil matik, oli transmisi dapat dikatakan sebagai “darahnya” mobil bertransmisi otomatis. Sehingga perawatannya juga harus benar-benar diperhatikan.

Untuk fungsi, sebenarnya oli transmisi tak jauh berbeda dengan oli mesin. Oli transmisi mobil berguna untuk melumasi, melindungi, dan memberikan efek pendinginan terhadap komponen-komponen transmisi mobil.

Jadwal penggantiannya berbeda-beda setiap pabrikan. Hanya saja anjuran penggantian umumnya antara 40.000 km hingga 60.000 km sekali. Bahkan ada pula anjuran untuk mengganti lebih cepat dari interval tersebut bila mobil sering terjebak macet.

Di bawah ini ialah sejumlah daftar kesalahan umum pemilik mobil terkait oli transmisi. Ada baiknya menjadi pengingat untuk tak melakukannya.

  1. Tak tahu ada yang namanya oli transmisi

Kesalahan ini bisa saja terjadi pada mereka yang awam. Bahwa selain oli mesin, ada pula yang namanaya oli transmisi. Padahal, keberadaannya juga memegang peran penting dalam menunjang performa kendaraan.

  1. Memandang fungsinya sebelah mata

Meski telah mengetahui adanya oli transmisi, namun banyak juga yang belum sadar fungsinya. Termasuk pentingnya melakukan penggantian oli transmisi secara berkala. Hal ini sebisa mungkin dihindari guna menjaga performa mobil yang mumpuni.

  1. Keliru memilih spesifikasi

Berbeda dengan oli mesin, bisa dibilang oli transmisi memiliki varian yang lebih beragam. Untuk itu penting memilih yang sesuai dengan yang diminta spesifikasi mobil. Cara gampangnya dengan melihat standar yang tertuang dalam buku panduan pemilik kendaraan.

Terlepas dari hal-hal di atas, jumlah oli transmisi memang tak berkurang bila tidak ada kebocoran. Namun begitu kualitasnya bisa dipastikan menurun bila tanpa dilakukan penggantian secara berkala.

Pengguna mobil pun bisa merasakan keuntungan bila rutin mengganti oli transmisi. Mulai dari proses perpindahan gigi yang halus dan gesit, hingga memperpanjang usia komponen di dalamnya.