Bulan Puasa, 5 Cara Hindari Kecelakaan di Sore Hari

By Automotive Evalube 15 Apr 2024
 

Di bulan puasa, berbagai wilayah di Indonesia semakin ramai di sore hari. Hal ini, lantaran banyak orang menjual takjil. Biasanya penjualan dilakukan di pinggir jalan yang membuat kondisi jalanan tak jarang menjadi macet. 

 

Salah satu dampaknya adalah kecelakaan yang meningkat di sore hari. Untuk itu, para pengemudi kendaraan bermotor baiknya meningkatkan kewaspadaan saat berkendara di sore hari untuk menghindari kecelakaan. 

 

Berikut beberapa cara hindari kecelakaan di sore hari saat bulan puasa: 

 

  1. Hindari Titik Macet 

 

Hindari wilayah-wilayah yang ramai orang berjualan takjil. Pilih rute yang lebih sepi meski agak lebih jauh untuk mengurangi tingkat kemacetan. 

 

  1. Cuci Muka Sebelum Berkendara 

 

Jika Anda puasa, baiknya mencuci muka sebelum berkendara untuk mengusir rasa kantuk. Dengan demikian, berkendara jadi lebih fokus dan segar. Untuk melintasi daerah yang ramai dan padat diperlukan tingkat fokus yang lebih tinggi. 

 

  1. Sabar 

 

Sabar adalah kunci, jangan terpancing emosi saat melintasi jalan ramai dan padat. Jika emosi, tentu kita jadi merasa terburu-buru dan sembarangan dalam berkendara. Baiknya bersabar dan tidak mengemudi secara ugal-ugalan. 

 

  1. Berangkat Lebih Awal 

 

Jika Anda ingin membeli takjil, baiknya beli lebih awal. Semakin sore tentunya akan semakin padat dan rawan. Belilah takjil tidak mepet maghrib agar jalanan masih lengang. 

 

  1. Hindari Parkir Sembarangan

 

Salah satu masalah yang muncul dari banyaknya penjual takjil dadakan di pinggir jalan adalah tidak adanya lokasi parkir. Hal ini membuat banyak pembeli memarkir motor sembarangan, bahkan memotong bahu jalan. 

 

Sebagai pengguna jalan yang bijak, baiknya hindari kebiasaan ini. Jika ingin membeli takjil, carilah tempat yang menyediakan tempat parkir yang aman. Dengan demikian, selain tak mengambil hak pengguna jalan yang lain kita juga melindungi keamanan motor kita sendiri. 

 

Itu dia beberapa cara aman menghindari kecelakaan lalu lintas di sore hari saat bulan puasa. Semoga puasanya lancar ya!