Kalah Laku dari MPV? Alasan Mobil Sedan Mulai Jadi Pilihan Kedua

By Administrator 21 Feb 2024
 

Penjualan mobil sedan di Indonesia sempat mengalami penurunan pada tahun 2017 lalu. Mobil sedan kini memang kalah populer dengan jenis mobil MPV yang tengah laris manis di pasaran.

Turunnya minat pasar Indonesia pada mobil sedan sebenarnya memiliki beberapa alasan. Salah satunya karena faktor budaya, di mana Indonesia banyak keluarga besar di mana membutuhkan mobil yang muat lebih banyak orang.

Lengkapnya berikut beberapa alasan kenapa mobil sedan mulai jadi pilihan kedua:

1. Mobil Sedan Kurang Cocok Dengan Kontur Jalanan Indonesia

Indonesia terdiri dari negara kepulauan dengan kualitas jalan yang berbeda-beda di tiap daerahnya. Mobil sedan mungkin masih diminati di kota, tetapi di lokasi daerah justru sedan kurang diminati.

Hal ini karena sedan tak cocok dengan kontur jalan berlubang dan banyak polisi tidurnya. Hal ini karena jarak antara roda dan bodi mobil sedan umumnya cukup rendah.

2. Tak Bisa Muat Banyak Barang

Orang Indonesia lebih suka dengan mobil yang memiliki ruang dan bagasi luas sehingga muat untuk membawa banyak barang. Hal ini akan memudahkan untuk bisnis, atau saat akan mudik. Nah, mobil sedan sendiri cukup sempit dan tak muat banyak barang.

3. Tak Muat Banyak Orang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa orang Indonesia suka membawa satu keluarga dalam satu mobil. Padahal, keluarga Indonesia biasanya adalah keluarga besar. Sehingga sedan kurang diminati karena tak bisa memuat banyak penumpang.

4. Pajak Mobil Sedan Tinggi

Sebenarnya pemerintah sudah berusaha untuk menurunkan pajak mobil sedan tipe tertentu agar tak terlalu mahal. Tetapi, sudah ada anggapan dalam masyarakat di mana pajak mobil sedan itu tinggi sehingga mobil ini kurang diminati.

5. Rawan Mogok Jika Terjadi Banjir

Indonesia juga jadi negara langganan banjir untuk beberapa wilayahnya. Sementara mobil sedan memiliki jarak antara roda dan bodi yang pendek sehingga membuat mobil ini lebih mudah mogok saat melewati banjir.

Itu dia beberapa alasan kenapa mobil sedan mulai kurang diminati di pasar Indonesia. Tetapi, mobil ini tetap dianggap memiliki kesan mewah dan elegan untuk sebagian kalangan. Kalau kamu suka nggak nih?