Kenali Beberapa Penyebab Starter Motor Rusak

By Administrator 02 Mei 2023
 

Saat ini semua jenis motor menggunakan starter untuk menghidupkan kendaraannya. Keberadaan starter tentu sangat memudahkan pengendara lantaran hanya sekali menekan tombol starter, mesin motor pun menyala dan siap digunakan. Tentu saja dengan kemudahan ini pengendara tidak perlu lagi susah payah untuk melakukan kickstarter atau mengengkol kendaraannya agar bisa menyala. Namun, bagaimana jika tombol starter rusak?

Meski memudahkan, namun electric starter bisa saja tiba-tiba tidak berfungsi. Tentu saja, kepraktisan untuk menyalakan mesin kendaraan jadi lebih berkurang. Maka dari itu, pengendara perlu melakukan perawatan rutin agar kondisi sepeda motor tetap optimal agar electric starter bisa tetap berfungsi.

Baca juga mengenai Tips Merawat Busi Motor

 

Selain melakukan perawatan, pengendara juga perlu mengetahui penyebab electric starter motor rusak. Berikut beberapa penyebab starter motor tidak berfungsi.

1. Aki yang mulai ngedrop

Seperti diketahui, tegangan listrik untuk menyalakan electric starter pada motor adalah 12 volt. Lalu, jika aki kurang dari 10 volt, maka bisa dipastikan aki tersebut mulai ngedrop, sehingga akan memengaruhi kinerja beberapa komponen termasuk starter.

Baca juga artikel Bagaimana Cara Merawat Aki Motor Agar Tidak Tekor

 

2. Kabel starter

Selain aki yang ngedrop, salah satu pemicu kurangnya kinerja starter adalah karena kabel motor yang tidak terpasang sempurna, putus, atau bahkan kabel yang terbakar.

3. Sekring putus

Sekring memiliki fungsi untuk mengamankan arus listrik untuk komponen elektronik pada motor, salah satunya electric starter. Umumnya, electric starter memiliki sekring yang berukuran 20 ampere. Namun, apabila arus yang diterima lebih tinggi, maka bisa terjadi konslet. Lalu, jika arus yang diterima lebih rendah, kawat sekring bisa saja putus. Nah, hal ini yang akan membuat electric starter bisa tidak berfungsi.

4. Koil starter rusak

Perlu diketahui, koil memiliki fungsi untuk meningkatkan besarnya arus listrik yang akan disalurkan ke busi. Nanti, busi akan menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk pembakaran mesin. Jika koil mengalami kerusakan, bisa jadi akan berdampak pada electric starter.

5. Relay starter bermasalah

Relay starter atau bendik berfungsi sebagai saklar otomatis yang terhubung jika dialirkan tegangan listrik kecil yang nantinya akan membuka tegangan listrik besar. Lalu, pada relay starter terdapat empat kabel yang di antaranya 2 kabel kecil dari switch saklar starter dan 2 kabel besar dari aki yang terhubung pada dinamo starter. Maka, jika relay starter bermasalah maka akan terjadi konsleting sehingga starter motor tidak bisa ditekan.

6. Tombol switch starter

Tombol switch starter pada motor umumnya berfungsi menyalakan motor ketika ditekan. Namun, sama seperti komponen lainnya, switch starter juga bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan electric starter tidak bisa berfungsi.

Baca juga artikel Motor Jarang Digunakan, Bagaimana Dengan Penggantian Olinya?

 

Itulah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan electric starter pada motor tidak berfungsi dengan optimal. Jadi, penting untuk melihat dan memastikan kondisi-kondisi komponen tersebut tetap baik agar electric starter bisa tetap berfungsi.